Berita Kabupaten Banjar

Ada 19 Titik TPS Liar di Kertakhanyar Gambut, ini yang Dilakukan DLH Banjar

Tempat sampah liar masih banyak di wilayah Kabupaten Banjar, terutama di kawasan Kertakhanyar Gambut karena tidak ada ketersediaan lahan.

Ada 19 Titik TPS Liar di Kertakhanyar Gambut, ini yang Dilakukan DLH Banjar
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Tempat sampah liar masih banyak di wilayah Kabupaten Banjar, terutama di kawasan Kertakhanyar Gambut karena tidak ada ketersediaan lahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, GAMBUT — Tempat sampah liar masih banyak di wilayah Kabupaten Banjar, terutama di kawasan Kertakhanyar Gambut karena tidak ada ketersediaan lahan.

Mengatasi TPS liar, Dinas Lingkungan Hidup tetap mengangkut sampah-sampah serta berupaya membangunkan station peralihan sementara.

Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Banjar, Gusti Rendy Firmansyah mengatakan, jika tidak dari sekarang memanajemen TPA, maka kedepan bisa kewalahan dan repot mengelola sampah yang terus bertambah.

Pihaknya sudah berupaya mengurangi beban di TPA Kencana, karena sudah ada bank sampah.

“Sebenarnya TPS-TPS resmi masih kurang, akhirnya terbentuk TPS liar di kelurahan-kelurahan. Sementara hanya bisa disupport oleh truk, namun kodisinya juga keterbatasan armada yang hanya memiliki tidak lebih 20 unit melayani seluruh Kabupaten Banjar, sehingga beberapa kali yang melayani agak siang,” katanya.

Baca: Cek 3 Poin Penting di Tes SKB CPNS 2018, Kisi-Kisi Soal Tes SKB dan Jabatan yang Dilamar

Baca: Download Kisi-Kisi Soal Tes SKB CPNS 2018 di Sini, Pahami Tes CAT dan Tes Wawancara Kewarganegaraan

Baca: Kisi-kisi Seleksi SKB CPNS 2018 Bisa Download di Link Ini! Pahami 2 Jenis Jabatan atau Formasi

Baca: Pengumuman SKD, Kemenag Berikan Bocoran Teknis Ujian SKB CPNS 2018, Lihat Link Ini

Dia menambahkan, pihaknya sudah ada usulan-usulan tetapi teknis nantinya ditangani langsung oleh bidang persampahan.

Oleh sebab itulah harus bersama mencari solusi, idealnya satu kecamatan memiliki satu TPS dan kembali menjadi kendala adalah keterbatasan anggaran.

Dicontohkannya seperti Gambut TPS ada di Kertakhanyar atau sebaliknya dengan jarak lima kilometer, makanya bermunculanlah TPS liar dan mau tidak mau harus dilayani.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Taman dan Limbah (PSTL) DLH Banjar, Rija Rusadi mengatakan, total jumlah TPS liar di Kertakhanyar Gambut ada 19 titik. Sementara pihaknya tetap mengangkut di TPS liar tersebut 24 jam, menggunakan12 armada truk.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah beberapa kali mendapat bantuan paket pembangunan TPS reuse, reduce, reduction atau TPS3R, tetapi tidak punya lahan.

Kini sedang mengusulkan pembangunan station peralihan sementara yang diinginkannya bisa berlokasi di Gambut.

Dengan adanya station peralihan sementara itu, nantinya sampah-sampah Kertakhanyar Gambut tidak langsung dibuang ke TPA, tetapi dipilah dan dipadatkan atau dipress dari yan biasa lima truk bisa jadi satu truk saja, supaya hemat biaya operasional.

“Kami imbau agar warga tidak membuang sampah di luar jam yang sudah ditetapkan, Pemerintah kecamatan, lurah, kades bisa lebih mensosialsasikan hal-hal tersebut,” tambahnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved