Berita Tabalong

Beberapa Lokasi Sudah Terkena Banjir, BPBD Imbau Warga Waspada

Hujan yang sering turun dengan intensitas tinggi menyebabkan beberapa wilayah di Tabalong sudah ada yang terkena banjir.

Beberapa Lokasi Sudah Terkena Banjir, BPBD Imbau Warga Waspada
istimewa
Petugas BPBD Tabalong saat melakukan pemantauan debit sungai 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Hujan yang sering turun dengan intensitas tinggi menyebabkan beberapa wilayah di Tabalong sudah ada yang terkena banjir.

Bahkan dari beberapa serangan banjir yang sudah terjadi, satu diantaranya cukup parah karena menyebabkan rumah dan bangunan mengalami kerusakan.

Kejadian ini terjadi di Desa Solan RT. 1, kecamatan Jaro, 28 November tadi, dimana air sungai meluap dan menyebabkan banjir bandang.

Selain melanda Desa Solan, saat bersamaan juga menyerang Desa Garagata RT.3 Kecamatan Jaro.

Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, dalam kejadian itu asa 2 warung yang hanyut dan 9 rumah mengalami rusak berat.

Baca: Tujuh Film Paling Menyita Perhatian Tahun 2018, Mulai dari Dilan 1990 hingga Suzanna

Baca: Pilpres 2019, 16 Pengusaha Tionghoa Sumbang Rp 460 Juta untuk Tim BPN Prabowo-Sandiaga

Baca: Pelaku Pengeroyokan Adik Vicky Prasetyo Bisa Saja Dari Musuhnya? Ini Kata Vicky

Baca: Kaesang Unggah Foto di Twitter, Begini Wajah Cucu Kedua Presiden Jokowi yang Bikin Penasaran

Baca: Beda Nasib & Beda Prilaku Maia Estianty dan Mulan Jameela saat Terjebak Macet, Lihat di Depannya!

Kepala BPBD Tabalong, Alfian, Sabtu (8/12/2018), mejelaskan, memasuki musim penghujan ini memang sudah ada beberapa lokasi yang terkena banjir akibat luapan air sungai.

"Ada di Desa Solan dan Desa Garagata kecamatan Jaro, kemudian di wilayah selatan di Desa Sungai Ansyar dan Pasar Arba kecamatan Banualawas," katanya.

Dengan adanya beberapa kali kejadian banjir ini, maka pihaknya mengimbau kepada masyarakat, terutama yang ada di bantaran Sungai Tabalong untuk bisa lebih waspada.

"Apabila terjadi potensi kenaikan air maka bagi bagi yang di bantaran Sungai Tabalong agar lebih waspada, amankan harta benda dan anggota keluarga, agar ketika banjir yang datangnya bisa mendadak, evakuasi juga bisa cepat dilakukan," kata Alfian.

Selain waspada terhadap datangnya banjir, dengan kondisi cuaca yang ada saat ini masyarakat juga diimbau waspada terhadap bahaya petir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Apabila ada hujan yang disertai petir maka masyarakat diminta untuk tidak menyalakan peralatan elektronik agar tidak memicu terjadinya kontak dengan sambaran petir.

Sedangkan untuk kondisi debit air Sungai Tabalong saat ini, dengan kedalaman yang meningkat maka memunculkan adanya potensi banjir di sejumlah wilayah yang ada di bantaran sungai.

(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved