Berita Internasional

Donald Trump Sebut Mantan Menlu Rex Tillerson ''Bodoh seperti Batu dan Pemalas''

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan kritikan kepada mantan Menteri Luar Negerinya, Rex Tillerson.

Donald Trump Sebut Mantan Menlu Rex Tillerson ''Bodoh seperti Batu dan Pemalas''
AFP PHOTO
CEO Exxon Mobil Rex Tillerson berbicara di Konferensi Gas Dunia di Paris, Juni 2015 

BANJARMASINPOST.CO.ID, WASHINGTON DC - Tanggapi wawancara mantan menlunya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump balas mengkritik mantan Menteri Luar Negerinya, Rex Tillerson.

Dalam kicauannya di Twitter seperti dikutip The Guardian Sabtu (8/12/2018), Trump memuji penerus Tillerson, Mike Pompeo.

Trump mengatakan Pompeo sudah membuatnya bangga dan menganggap hasil pekerjaannya bagus. Sementara Tillerson tidak punya kapasitas mental yang memadai.

"Dia bodoh seperti batu. Saya tidak bisa menyingkirkannya dengan cepat. Dia juga pemalas. Saat ini situasinya sudah berubah. Semangat baru dari Kementerian Luar Negeri!" kata Trump.

Ucapan Presiden 72 tahun itu menanggapi wawancara Tillerson dengan kontributor CBS News Bob Schieffer pada Kamis lalu (6/12/2018).

Baca: 5 Fakta Penemuan 11 Jenazah di Selat Malaka, Faisal Telepon Mama Janji Pulang Naik Speedboat

Baca: Konser Musik Jadi Petaka, Enam Orang Tewas Terinjak-injak di Kelab Malam Italia

Mantan Chief Executive Exxon Mobil itu mengatakan Trump adalah pribadi yang tidak disiplin, tidak suka membaca, maupun mendengarkan detil.

Ketika ditanyakan apa yang membuat hubungannya keduanya kolaps, Tillerson menjelaskan kemungkinan karena dia tidak bisa mengikuti perintah Trump yang berpotensi melanggar hukum.

Setiap kali Trump sesuatu, Tillerson selalu memberikan penjelasan bahwa perintahnya itu bisa melanggar perjanjian maupun hukum.

"Anda tahu, setiap kali saya mengatakan itu dia kemudian menjadi frustrasi," tutur politisi yang berasal dari Texas tersebut.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved