Berita Banjarmasin

Kejurnas Drum Band Senior Satuan Kecil 2018 Diwarnai Protes Peserta, Perhitungan Medali Tertunda

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drum Band Senior Satuan Kecil 2018, yang digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel) menuai protes dari beberapa tim peserta.

Kejurnas Drum Band Senior Satuan Kecil 2018 Diwarnai Protes Peserta, Perhitungan Medali Tertunda
Banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Penampilan Tim Drum Band Jogjakarta pada Kejurnas Drum Band Senior Satuan kecil 2018 di Kota Banjarmasin, Sabtu (8/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drum Band Senior Satuan Kecil 2018, yang digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel) menuai protes dari beberapa tim peserta.

Penilaian yang diduga tidak objektif terjadi pada kontingen Kalsel 1, dalam nomor pertandingan Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) putra.

Manajer tim Kalsel 1, Noorlatifah menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan pernyataan sikap keberatan terhadap keputusan yang diberikan dewan juri.

"Salah seorang atlet kami, yakni Edo nomor punggung 3, dianggap oleh juri berlari saat lomba, sedangkan dalam bukti audiovisual dan rekaman yang kami miliki Edo tidak menunjukkan sedang berlari, dia tetap jalan cepat sesuai aturan pertandingan," jelas wanita yang disapa Lala ini kepada Banjarmasinpost.co.id.

Lala didampingi pelatih Kalsel, Dhiyaul Fajri telah melayangkan surat protes sesuai mekanisme yang mana ditunjukkan kepada dewan hakim.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indosiar Persib vs Barito Putera Liga 1 2018, Asa ke Piala AFC

Baca: Hasil Persib Bandung vs Barito Putera Liga 1 2018 : Hujan Gol, Skor Sementara 3-2

Baca: Live MNCTV! Live Streaming Manchester United vs Fulham di Liga Inggris Bisa Ditonton Pakai Cara Ini

Baca: Akhirnya Erick Thohir Mau Gantikan Edy Rahmayadi Jadi Ketum PSSI, Tapi Fokus Jokowi di Pilpres 2019

Selain Kalsel, tim Banten juga melakukan protes terhadap hasil yang dinilai subjektif tersebut. Pada babak final LBB, tim Kalteng juga sempat melakukan protes, namun sudah diselesaikan oleh dewan hakim

Mengenai banyaknya protes yang terjadi, Dewan Hakim PB PDBI, M Ibban Badawi mengatakan, keputusan juri yang masuk kepada dewan hakim bersifat mutlak sehingga tidak dapat diganggu gugat.

"Sesuai buku panduan PB PDBI, peserta tidak diperbolehkan menunjukkan bukti rekaman sendiri, karena pihak dewan juri sudah menyediakan rekaman tersebut," ujar dia.

Hingga saat ini pihak dewan juri dan dewan hakim masih belum dapat mengumumkan perhitungan akhir medali Kejurnas Drum Band 2018 yang berlangsung di GOR Hasanuddin HM, tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved