Berita Jakarta

Kemendagri Investigasi Temuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi, Disdukcapil Sebut Cetakan Lama

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri mengatakan tengah melakukan investigasi terkait penemuan sekarung KTP elektronik (e-KTP) di Pondok Kopi, Jakarta.

Kemendagri Investigasi Temuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi, Disdukcapil Sebut Cetakan Lama
(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)
Anak-anak mengumpulkan KTP elektronik (e-KTP) yang ditemukan berceceran di kawasan sawah yang berada di Jalan Karya Bakti III, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Penemuan satu karung KTP Elektronik (e-KTP) milik warga Kelurahan Pondok Kelapa yang dibuang di area persawahan di di RT 003 RW 011, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018) tengah diinvestigasi pihak Kemendagri.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi terkait penemuan sekarung KTP elektronik ( e-KTP) di RT 003 RW 011, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018).

Adapun ribuan e-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri sedang ke lapangan melakukan investigasi," ujar Bahtiar melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

Baca: Ribuan E-KTP Aktif Milik Warga Pondok Kelapa Jakarta Timur Dibuang di Area Sawah Pondok Kopi

Baca: Penjual Blangko E-KTP Secara Online Diungkap Kemendagri, Tjahjo Kumolo : Anak Kepala Dinas

Baca: Blangko E-KTP Dijual Bebas di Pasar Hingga Toko Online, Ternyata Segini Harganya

Namun, Bahtiar tidak menjawab ketika ditanyakan apakah e-KTP tersebut sebelumnya telah diserahkan oleh pihak Dukcapil Kemendagri ke Kelurahan Pondok Kelapa.

Cetakan Lama

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Dhany Sukma mengatakan, sekarung KTP elektronik ( e-KTP) yang ditemukan di Kelurahan Pondok Kopi merupakan e-KTP cetakan lama.

Dhany mengatakan, e-KTP tersebut merupakan cetakan 2011-2013. "Yang pasti ini KTP-el lama, cetakan lama itu yang massal, 2011, 2012, 2013," ujar Dhany saat dihubungi, Sabtu (8/12/2018).

Menurut dia, pihaknya belum mengetahui apakah ribuan e-KTP tersebut masih aktif atau tidak. Dhani juga tidak menjawab dengan jelas alasan mengapa e-KTP cetakan lama tersebut belum diserahkan ke warga.

"Kalau masalah masih aktif, kan, dicek dulu nih. Ada di Polsek barangnya, mau dilacak oleh polisi," ujar Dhany.

Baca: PSM Makassar vs PSMS Medan, Peter Butler Rela PSMS Terdegredasi ke Liga 2 Asal Wasit Bersikap Adil

Baca: Klasemen Liga 1 2018 Pekan 34 Usai Hasil Persib vs Barito Putera 3-3, Bhayangkara FC Geser Persib

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Malam Ini di RCTI - MNC TV, MU vs Fulham, Chelsea vs City

Sebelumnya diberitakan, sebuah karung berisi ribuan KTP elektronik (e-KTP) ditemukan berceceran di area persawahan yang berada di Jalan Karya Bakti III, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu siang.

Ribuan e-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Barang tersebut kini telah diamankan di Mapolsek Duren Sawit.

(Penulis: Kontributor Jakarta, David Oliver Purba/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendagri Investigasi Temuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi" dan "Dukcapil DKI: Sekarung E-KTP di Pondok Kopi merupakan Cetakan Lama"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved