Melihat Okenya Tunanetra di Bumi Barakat

Tidak Cuma Jago Bikin Cerpen, Tunetra di Banjar Juga Mengaji, Bermusik hingga Main Band

Tiap hari mereka sibuk beraktivitas. Sebagian belajar keterampilan seperti massage (urut/pijat), belajar membikin kerajinan tangan

Tidak Cuma Jago Bikin Cerpen, Tunetra di Banjar Juga Mengaji, Bermusik hingga Main Band
AAN SETIAWAN UNTUK BANJARMASINPOST.CO.ID
Leman Abidin (tengah) dan kawan-kawan selalu kompak saat latihan bermain musik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - MESKI tak memiliki panca indera yang sempurna, namun 70 orang penyandang disabilitas netra atau tunanetra yang menghuni Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan di Kabupaten Banjar memiliki semangat tinggi menapaki kehidupan ini.

Tiap hari mereka sibuk beraktivitas. Sebagian belajar keterampilan seperti massage (urut/pijat), belajar membikin kerajinan tangan, maupun belajar ilmu pengetahuan umum di SLB-A Negeri 3 Martapura. Ada 20 orang yang belajar di sekolah ini.

Ada juga yang intens belajar mengaji (tilawah) tiap Kamis sore dibimbing pengajar setempat, Baihaqi. Salah satu dari mereka yang piawai mengaji yakni Leman Abidin. Bersama beberapa rekannya, ia rutin latihan bertilawah.

Baca: Meski Tunanetra, Tapi Orang ini Aktif Berinteraksi di Media Sosial, Terungkap Begini Caranya

Lalu, beberapa orang lainnya yang punya bakat seni juga aktif mengasah kemampuannya. Seperti Farid Surya yang piawai main gitar dan mencipa lagu. Ia rutin latihan bermain musik bersama Leman yang juga pandai bermain organ tunggal serta memiliki kualitas vokal luar biasa.

Baca: Jago Menulis Cerpen, Tunatra Kabupaten Banjar Ini Gunakan Aplikasi Khusus Ini di Laptop

Mereka bahkan memiliki band akustik. Vokalisnya Ambar yang punya warna suara khas. Racikan musik yang mereka mainkan mampu menghadirkan genre musik etnik yang mengagumkan.

"Itu sebabnya saya saat ini sedang berupaya menggandeng kalangan manajemen hotel dan restoran di Banjarmasin dan di Banjarbaru agar memberi kesempatan tampil bagi anak asuh kami," ucap Kepala PSBN Fajar Harapan, Fahruddin, Rabu (05/12/2018).

Ia mengatakan kemampuan bermusik beberapa anak asuhnya tak perlu diragukan karena memiliki karakter khas yang kuat. Pengunjung hotel maupun restoran dipastikan tidak bakal kecewa, bahkan bakal terpuaskan oleh penampilan para disabilitas netra PSBN Fajar Harapan.

"Saya saja yang sudah sering mendengar mereka memainkan musik, tak pernah jemu. Contohnya ketika mendengarkan petikan gitar Farid Surya, saya selalu kagum dan menikmati keindahan dentuman tali gitar," tandas Fahruddin.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved