Berita Tabalong

BPBD Tabalong Rencanakan Penambahan Alat Deteksi Kedalaman Air Sungai

Bencana banjir saat musim penghujan menjadi salah satu ancaman di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Tabalong.

BPBD Tabalong Rencanakan Penambahan Alat Deteksi Kedalaman Air Sungai
HO/BPBD Tabalong
Alat pendeteksi kedalaman air sungai milik BPBD Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bencana banjir saat musim penghujan menjadi salah satu ancaman di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Tabalong.

Wilayah rawan banjir ini terdapat hampir di 12 kecamatan yang ada di Tabalong terutama daerah yang berada di bantaran sungai.

Dengan kondisi yang ada ini, sebagai langkah antisipasi maka sejak 2017 lalu di Tabalong sudah ada terpasang alat deteksi dini kedalaman air sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, Alfian, Minggu (9/12/2018), membenarkan saat ada satu alat deteksi kedalaman sungai yang telah terpasang.

Alat yang sudah terpasang itu lokasinya berada di Desa Mahe seberang RT.03 kecamatan Tanjung.

"Untuk Tabalong cuman ada di Desa Mahe Seberang," katanya

Baca: Link Live Streaming Indosiar Persija Jakarta Vs Mitra Kukar, Teco Instruksikan Ini Demi Juara Liga 1

Baca: Link Live Streaming O Channel PSM Makassar Vs PSMS Medan, Juara Liga 1 2018 atau Degradasi

Baca: Link Live Streaming Borneo FC vs PS Tira via Live Streaming TV One, Penentu Degradasi Liga 1 2018

Karena berada di Desa Mahe Seberang, maka alat ini difungsikan untuk bisa mendeteksi tingkat kedalaman air Sungai Tabalong Kiwa.

Alat yang merupakan program pusat ini fungsinya bisa mendeteksi tingkat kedalaman dan mengirimkan data ke server yang ada di BPBD Provinsi Kalsel.

Untuk di Tabalong sendiri diberikan tiga nomor ponsel yang berfungsi untuk pengawasan tanda kenaikan atau penurunan air.

Dengan adanya alat ini maka apabila tingkat kedalaman air sungai melebihi batas maksimal maka secara otomatsis akan bisa segera diketahui.

Ditambahkannya, karena aliran sungai tak hanya dari Tabalong Kiwa, tapi juga ada Sungai Tabalong Kanan, maka direncanakan juga akan ada penambahan alat.

Ini dilakukan agar kondisi Sungai Tabalong Kiwa dan Sungai Tabalong Kanan bisa terdeteksi secara dini bagaimana tingkat kedalamannya.

"Tahun 2020 rencananya untuk Sungai Tabalong Kanan, alat akan di pasang di daerah Muara Uya," jelasnya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved