Berita Hulu Sungai Selatan

Ular Piton Masuk Rumah di Pulau Nagara HSS, Video Penangkapan Beredar di Medsos

Kejadian ini dialami oleh Robby, warga Pulau Negara Kelurahan Jambu Hilir Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ular Piton Masuk Rumah di Pulau Nagara HSS, Video Penangkapan Beredar di Medsos
Joey untuk Baanjarmasinpost.co.id.
Ular piton masuk ke rumah Robby, warga Pulau Negara Kelurahan Jambu Hilir Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Apa jadinya bila ada tamu yang tidak diundang datang ke rumah kita. Apalagi kalau yang datang jenis hewan melata yang cukup berbahaya bagi penghuni rumah.

Kejadian ini dialami oleh Robby, warga Pulau Negara Kelurahan Jambu Hilir Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Hewan melata jenis Ular Sawah atau ular piton masuk ke dalam rumahnya. Ular yang biasa menyerang lawannya dengan cara melilit ini ditemukan di ruang dapur.

Pemilik rumah yang melihat adanya ular Sawa itu kaget dan meminta bantuan dengan keluarganya untuk bisa mengusir tamu yang tidak diundang itu.

Peristiwa ular sawa masuk ke rumah ini terjadi pada Sabtu, (08/12) dini hari sekitar pukul 02.52 WITA. Setelah melihat ular itu, mereka ternyata berinisiatif menangkap ular Sawa itu.

Baca: Tablik Akbar Ustadz Abdul Somad, Sekda dan Kadis Kominfo Pantau Jemaah dari Command Center

Baca: Tablig Akbar Ustadz Abdul Somad - Selepas Ashar Jamaah Sudah Padati Masjid Al Karomah Martapura

Baca: Tanahbumbu Terus Dipercantik, Jalan Baru Akan Dibuka Menuju Masjid Agung

Video penangkapan ular Sawa itu bahkan beredar di media sosial. Setelah diupload di IG Peristiwa Banua oleh pemilik akun @Joey_kunang sudah banyak dilihat orang. Hingga Minggu, (09/12) sudah dilihat lebih dari lima ribu pengguna IG.

Dari video itu diketahui, seseorang memegang ekor dari ular Sawa dan berusaha menangkapnya. Meski di video tidak diketahui apakah berhasil ditangkap atau tidak ularnya.

Kepada Banjarmasin Post, pemilik akun @Joey_Kunang mengatakan ular berhasil ditangkap setelah satu jam perjuangan menjinakkan ular Sawa itu.

"Pertama kali ditemukan ular Sawa itu di dapur dan pertama kali di temukan di atas tempat piring. Bagian kepala diluar dapur dan bagian badan hingga ekor di atas tempat piring," katanya, Minggu, (09/12).

Ular itu ditemukan di rumah sepupunya yang bernama Roby di Pulau Negara Kelurahan Jambu Hilir Kecamatan Kandangan.

Selanjutnya, Roby meminta bantuan dengan Eboy yang juga masih keluarganya. Setelah perjuangan selama satu jam, ular berhasil ditangkap.

Saat ditemukan, posisi kepala ular Sawa berada diluar ruangan dapur. Panjang ular sekitar dua meter itu sempat melakukan perlawanan namun berhasil dijinakkan oleh Eboy.

Ular Sawa selanjutnya dimasukkan ke dalam karung agar tidak meresahkan warga lainnya. Mengingat ular Sawa juga bisa membahayakan manusia dan suka memangsa hewan ternak.

Dari berbagai sumber, ular Sawa yang habitatnya dialami bebas seperti rawa, sawah, hutan, sungai dan kebun bisa masuk ke wilayah pemukiman warga karena berbagai faktor.

Misalnya karena terbawa air sungai, terbawa air banjir hingga ular masuk ke pemukiman warga karena mencari makanan seperti hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved