Berita Batola

Dinas Peternakan Minta Peternakan Babi di Kolam Kanan Perhatikan Aspek Lingkungan

Para peternak babi di Desa Kolam Kanan, Barambai ke depannya untuk memperhatikan aspek lingkungan sehingga bisa ramah lingkungan.

Dinas Peternakan Minta Peternakan Babi di Kolam Kanan Perhatikan Aspek Lingkungan
Dinas Peternakan Batola untuk Banjarmasinpost.co.id
PETUGAS Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batola, menggelar pertemuan dengan para peternak babi di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - DINAS Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batola, mengharapkan para peternak babi di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai ke depannya untuk memperhatikan aspek lingkungan sehingga bisa ramah lingkungan.

“Ke depan, banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh para peternak babi di kawasan Desa Kolam Kanan, terutama lingkungan. Seperti bau angkutan babi juga perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan keluhan warga,” harap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batola, Alfian Noor, Senin (10/12/18).

Dinas Peternakan, sambung Alfian, telah memutuskan jalur angkutan babi dari Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai resmi dialihkan ke jalur sepi penduduk yakni jalan Gawi Sabumi ( Jalan Tarutan ) Marabahan.

Baca: Respons Gisella Anastasia Usai Gading Marten Menang Piala Citra 2018, Ada Video Gempita Loh

Sikap tegas Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batola menyikapi keluhan warga Marabahan soal angkutan babi yang setiap hari lewat dengan pikap bak terbuka dimulai pukul 09:00 Wita sampai 10:00 Wita di jalan kota Marabahan dan baunya menyengat selama 15 menit tidak hilang.

“Iya kita telah menggelar pertemuan dengan para peternak babi di Desa Kolam Kanan. Salah satu hasil kesepakatan, angkutan babi tidak lagi lewat dalam Kota Marabahan,” tegasnya.

Menurut Alfian, dalam pertemuan beberapa waktu lalu dengan para peternak babi itu juga dihadiri kepala desa Kolam Kanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (LH), ketua adat bali, penduduk dusun III yang dihuni eks trasmigrasi asal Bali.

Baca: Hotman Paris Posting video Ceramah Ustadz Abdul Somad, Bahasannya Ngena dengan Hotman

“Dalam pertemuan itu terungkap warga Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai jumlahnya kepala keluarga (KK)nya mencapai 150 KK dan 90 persen merupakan peternak babi. Saat ini, populasi babi di Desa Kolam Kanan mencapai 1.500 ekor,”katanya.

Dijelaskan Alfian, hasil kesepakatan dinas peternakan dengan para peternak babi, yakni untuk
pengiriman babi ke Kapuas Kalteng dan Pontianak Kalbar ini wajib menggunakan bak tertutup dan pengangkutannya pun dilakukan pukul 22:00 Wita malam. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved