Yayasan Adaro Bangun Negeri

Merajut Pendidikan untuk Menyongsong Masa Depan

Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat.

Merajut Pendidikan untuk Menyongsong Masa Depan
YABN
Olimpiade Sains Kuark, Olimpiade Proyek Sains Adaro menjadi serangkaian kompetisi yang diikuti sejumlah sekolah yang berada di wilayah operasional Adaro 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat.

Tanpa pendidikan mustahil manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan keinginan untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka.

Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.

Berdasarkan data kependudukan dari BPS (Sensus Penduduk 2010), maka diketahui bahwa jumlah penduduk usia produktif di indonesia adalah sekitar 66% (156 juta jiwa).

Selanjutnya dalam buku Proyeksi Penduduk Indonesia Tahun 2010-2035, BPS juga menyebutkan jika laju pertumbuhan penduduk tidak berubah, maka pada tahun 2020 Indonesia diproyeksikan akan berpenduduk sekitar 305,6 juta jiwa.

Pada saat itu juga diperkirakan bahwa komposisi penduduk usia produktif akan mencapai 70% atau 2/3 jumlah total penduduk (sekitar 180 juta jiwa).

Olimpiade Sains Kuark, Olimpiade Proyek Sains Adaro menjadi serangkaian kompetisi yang diikuti sejumlah sekolah yang berada di wilayah operasional Adaro
Olimpiade Sains Kuark, Olimpiade Proyek Sains Adaro menjadi serangkaian kompetisi yang diikuti sejumlah sekolah yang berada di wilayah operasional Adaro (YABN)

Asumsinya, jika laju pertumbuhan penduduk terus stabil maka presentasi penduduk usia produktif diharapkan bisa mencapai 70% hingga tahun 2030. (https://www.kompasiana.com/bung_ijul/akselerasi-pembangunan-sumber-daya-manusia-demi-menuai-bonus-demografi)

Kualitas sumber daya manusia produktif tentu dipengaruhi oleh bagaimana usaha suatu negara untuk membangun manusianya.

Salah satu strategi untuk mendorong peningkatan kualitas tersebut dapat dilihat melaui pendidikan yang dibangun oleh pemerintah bersama stakeholder lainnya.

Perubahan zaman yang sangat cepat, merubah paradigma pendidikan yang semula hanya mengutamakan penguasaan pengetahuan, kini pendidikan lebih mengarah pada penguasaan keterampilan-keterampilan yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved