Banjarbaru Berinovasi

Wali Kota Banjarbaru Nadjm Adhani Tanami Lahan Kritis Sub-DAS Banyuhirang

Peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan pencanangan gerakan nasional pemulihan DAS kota Banjarbaru, Rabu (12/11/2018)di Cempaka.

Wali Kota Banjarbaru Nadjm Adhani Tanami Lahan Kritis Sub-DAS Banyuhirang
Humas Pemko Banjarbaru
Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani menanam pohon di lahan Sub-DAS Banyuhirang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan pencanangan gerakan nasional pemulihan DAS kota Banjarbaru, Rabu (12/11) di jalan Taruna Bakti , Cempaka.
Tampak hadir Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Kepala BPDAS HL Barito Zainal Arifin , kepala dinas LH Banjabaru Rustam.

Peringatan HMPI dan bukan menanam nasional memang beda dari tahun ke tahun sebelumnya karena tahun ini HMPI dilebur, disatukan dengan pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai.

Pada kegiatan itu target total penanaman 1000 batang , juga digelar penandatangan piagam pencanangan gerakan nasional pemulihan DAS yang bertemakan DAS sehat sejahterakan rakyat di wilayah Banjarbaru. Juga ada senam bersama dalam rangka pemilihan DAS.

Jenis tanaman seperti beringin kencana, tanjung , Angsana , mangga, rambutan , Langsat Tanjung,  Sirsak ratu.

"Tentu tak hanya hari ini terus berlanjut kita empat bulan kedepan siapkan bibit dan kota terus motivasi masyarakat siapkan penanaman ," ucap Nadjmi.

Kepala BPDAS HL Barito Zainal Arifin penanaman pohon selalu dan tetap menjadi sebuah kegiatan yang amat penting. Pemulihan DAS.

Banjarbaru berada pada kesatuan hidrologis DAS Sungai Maluka dan kesatuan hidrologis DAS Sungai Martapura, sedangkan lokasi penanaman HMPI berada di Sub-DAS Banyuhirang yang merupakan bagian dari DAS Maluka.
Sub-DAS Banyuhirang ini mempunyai lahan yang kritis atau masih kurang pepohonannya seluas 15.876 ha, dengan kondisi peruntukannya sebagai lahan kosong, semak belukar dan tepi-tepi jalan yang masih gersang. (*/Aol)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved