Banjarbaru Berinovasi

Bukti Nyata Kota Layak Anak, Meriahnya Market Day PAUD Terpadu Ma'rifah ashfia

Ada suasana seru dan meriah di halaman PAUD Terpadu Ma'rifah ashfia, Jalan Karang Anyar No 2, Kelurahan Loktabat Utara, Banjarbaru Utara

Bukti Nyata Kota Layak Anak, Meriahnya Market Day PAUD Terpadu Ma'rifah ashfia
nia kurniawan
Suasana Inovasi Market Day tingkat PaUD. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ada suasana seru dan meriah di halaman PAUD Terpadu Ma'rifah ashfia, Jalan Karang Anyar No 2, Kelurahan Loktabat Utara, Banjarbaru Utara, Kamis (13/12).

Ada tertata rapi dan menarik berbagai macam stan. Juga ramai dengan para orangtuanya mendampingi murid. Ada yang jadi penjual juga ada yang jadi pembeli. Ya, momen seru ini bertajuk Market day.

Ada beraneka ragam stan , makanan berat , makanan ringan, Makanan tradisional, sayuran, buah-buahan , minuman , Cafe Ima. Harga terjangkau murah meriah, paling utama melatih banyak hal untuk anak diantaranya berwirausaha.

Kepala PAUD Terpadu Ma'rifah Ashfia, Dwi Itati kepada reporter banjarmasinpost.co.id mengatakan kegiatan selaras dengan anjuran Pemko Banjarbaru lima pilar pendidikan berkarakter.

"Mengajarkan anak berwirausaha. Pada usia dini ini ada enam aspek pengembangan untuk ke penilaian, diantaranya moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif , fisik motorik dan seni. Contohnya, pada Sosial emosional ajatkan interaksi sama teman, ortu, penjual, pembeli. lalu bahasa , ajarkan kosakata baru, fisik motorik seperti susu dagangan, memilik produk , untuk seni tentunya keindahan dan kerapian," kata Dwi Itati.

Turut hadir penilik paud dinas pendidikan kota Banjarbaru. Lima nilai karakter yang dibentuk di Kota Banjarbaru, yang pertama adalah anak Banjarbaru adalah anak yang religius paham dan mengerti agamanya, karakter yang kedua punya sopan santun dan berbudi pekerti yang baik.

Juga karakter yang ketiga adalah karakter cinta tanah air dan karakter yang ke empat adalah karakter mencintai lingkungan dan karakter yang kelima adalah karater mandiri atau pandai berwirausaha, lima karakter ini dibangun haruslah dimulai dari keluarga kemudian anak, agar semua bisa terwujud itu haruslah didukung juga oleh lingkungan yang ada disekitar.

Wali kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani sangat mengapresiasi, apalagi beberapa waktu lalu Banjarbaru telah meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun 2018 yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved