Ekonomi dan Bisnis

Jelang Akhir Tahun BI Kalsel Sediakan Rp 3,4 Triliun, Ini Rinciannya

Menjawab hal tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) sudah siap sediakan uang tunai Rp 3,4 triliun.

Jelang Akhir Tahun BI Kalsel Sediakan Rp 3,4 Triliun, Ini Rinciannya
Achmad Maudhody
Kepala Deputi Kepala KPw BI Kalsel, Mohd Irwan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki hari besar dan keagamaan nasional seperti Natal dan tahun baru, diprediksi permintaan uang tunai rupiah meningkat.

Menjawab hal tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) sudah siap sediakan uang tunai Rp 3,4 triliun.

Dijelaskan Deputi Kepala KPw BI Kalsel, Mohd Irwan sudah menjadi rutinitas setiap hari besar keagamaan pihaknya sediakan stok uang.

"Kami meminta data dari permintaan perbankan tentang kebutuhan uang di Kalsel jelang akhir tahun itu sebanyak Rp 2,1 triliun baik itu pecahan kertas dan logam," ujarnya.

Baca: Siswi Akper Tewas Masih Pakai Seragam, Penjaga Malam Sempat Lihat Korban dan Rasakan Kejanggalan Ini

Baca: Ini Penyebab Awal Iklan Shopee BLACKPINK Dihentikan KPI Pusat, Sosok Maimon Diserang?

Baca: Siswi Akper Ditemukan Jadi Mayat di Kos Cempaka Raya, Teman Korban Ungkapkan Kisah Ini

Melihat permintaan tersebut pihaknya sediakan hampir dua kali lipat atau sekitar Rp 3,4 triliun. "Kenapa kami sediakan lebih dari permintaan, tentunya untuk memberi rasa ketenangan kepada masyarakat," imbuhnya.

Kalau kondisi tersebut juga kurang atau darurat, ada pola kerja sama antar BI yang mempunyai hubungan depo kas. "Di mana depo uangnya ada di BI Balikpapan, tapi yang ada itu rasa-rasanya sudah cukup," jelasnya.

Peningkatan permintaan jelang akhir tersebut, disebutnya dari kebutuhan masyarakat yang sudah dipetakan oleh masing-masing perbankan.

"Seperti nasabah perbankan untuk kebutuhan berlibur, mungkin juga kebutuhan para perusahaan siapa tau ada yang bonus akhir tahun. Kemungkinan peningkatan tersebut untuk kebutuhan-kebutuhan itu," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved