Berita Kabupaten Banjar

3 Pejabat Pensiun, Dinas Ketahanan Pangan 'Lumpuh', Realisasi Fisik dan Keuangan Mengkhawatirkan!

Sisa waktu efektif 2018 kian sempit. Namun hingga pekan kedua Desember realisasi kegiatan fisik dan keuangan pada sejumlah satuan kerja

3 Pejabat Pensiun, Dinas Ketahanan Pangan 'Lumpuh', Realisasi Fisik dan Keuangan Mengkhawatirkan!
idda royani
Perwakilan SKPD Pemkab Banjar serius mengikuti rapat evaluasi kegiatan fisik dan keuangan 2018 di aula Baiman, tiga hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sisa waktu efektif 2018 kian sempit. Namun hingga pekan kedua Desember realisasi kegiatan fisik dan keuangan pada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Banjar masih minim.

Secara umum, rata-rata realisasinya hingga saat ini baru 79,71 persen. Padahal seharusnya per tanggal 10 Desember sudah harus mencapai 90 persen.

Bahkan di Dinas Ketahanan Pangan, realisasi kegiatan fisik dan keuangannya paling rendah yakni baru sekitar 50 persen.

Hal itu mengejutkan peserta rapat evaluasi pengadaan barang dan jasa di Aula Baiman di lantai III kantor Bapelitbang, tiga hari lalu.

Ironinya, penyebab minimnya realisasi kegiatan tersebut yakni sumber daya manusia. Ini dikarenakan tiga orang pejabat pensiun yakni satu orang pejabat eselon III (kepal bidang) dan dua pejabat eselon IV (kepala seksi). Ketiganya pensiun pada waktu yang hampir bersamaan.

Baca: Beda Maia Estianty dan Mulan Jameela Ketika Pamer Makanan yang Disantap, Ada yang Capai 100 Juta?

Padahal di Dinas Ketahanan Pangan Banjar, struktur oganisasinya kecil. Cuma terdiri atas kepala dinas, sekretaris, satu bidang (Konsumsi dan Keamanan Pangan), tiga seksi dan dua sub bagian.

Pejabat eselon III yang pensiun yakni Agus Syarif yang menjabat kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan. Lalu, dua orang bawahannya (kepala seksi) yang menangani kegiatan teknis, juga pensiun.

Baca: Maia Estianty Akhirnya Ungkap Umur Kehamilannya Usai Dinikahi Irwan Mussry

"Kondisi itu otomatis cukup berdampak terhadap pelaksanaan program kegiatan teknis di intansi kami," ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Eddy Hasby ketika dihubungi BPost secara terpisah.

Selama ini pihaknya sebenarnya berharap adanya pengisian tiga jabatan yang lowong tersebut. Namun hingga kini tak kunjung ada pelantikan pejabat di Bumi Barakat. Di sisi lain, bawahannya yang tersisa tak memiliki kapabilitas untuk melaksanakan program kegiatan pada bidang/seksi yang lowong tersebut.

Baca: Miss AS Dikecam, karena Hina Miss Lain yang Tak Berbahasa Inggris, Arogan, Kecantikanmu Hilang

"Andai pun ada pengisian jabatan, kami berharap diisi oleh orang-orang yang memang punya kapabilitas, yang benar-benar mengerti persoalan pangan. Kalau tidak, ya bakal sama saja kondisinya. Apalagi hingga sekarang tetap dibiarkan lowong," ucap Eddy.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved