Bertakwa

Kembangkan Program Inovasi Desa Dinas DPMPD HSU Gelar Rakor

Rakor diikuti oleh sejumlah pejabat SKPD dilingkungan Pemkab HSU serta Ratusan Tim Pendamping Inovasi Desa (TPID) se Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kembangkan Program Inovasi Desa Dinas DPMPD HSU Gelar Rakor
Humas Pemkab HSU
DPMPD Kabupaten Hulu Sungai Utara mengadakan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) guna menindaklanjuti hasil program bursa inovasi desa sebelumnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Setelah menggelar Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Hulu Sungai Utara kembali mengadakan evaluasi dan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) guna menindaklanjuti hasil program bursa inovasi desa sebelumnya.

Rakor yang kali ini digelar di Gedung Agung Pemda HSU. Kamis (13/12/2018). Dan diikuti oleh sejumlah pejabat SKPD dilingkungan Pemkab HSU serta Ratusan Tim Pendamping Inovasi Desa (TPID) se Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Plt Kepala DPMPD HSU Rizal Hadi, saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka langkah evaluasi terhadap program inovasi desa yang telah dilaksanakan sebelumnya, serta mendiskusikan langkah-langkah apa saja untuk perbaikan guna peningkatan kualitas program inovasi desa kedepannya.

Sebagaimana amanah undang-undang desa no.6 tahun 2014 tentang desa, yang mana hal tersebut dilakukan melalui kegiatan Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) yang terfokus kepada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

DPMPD menggelar rakor digelar di Gedung Agung Pemda HSU (Kamis (13/12/2018)
DPMPD menggelar rakor digelar di Gedung Agung Pemda HSU (Kamis (13/12/2018) (Humas Pemkab HSU)

Ada dua komponen dalam PPID tersebut yakni pengelolaan pertukaran pengetahuan inovasi desa yaitu sebagai upaya penyebarluasan praktek pembangunan inovatif dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada desa-desa yang lain guna memperbaiki kualitas perencanaan desa.

Yang kedua adalah upaya penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa (PPKTD) yang bertujuan agar desa-desa mendapatkan jasa layanan teknis serta lebih berkualitas dari lembaga Profesional.

"Oleh karenanya melalui kegiatan ini, melalui penjelasan poin-poin evaluasi oleh narasumber, diharapkan adanya masukan-masukan baik untuk program inovasi desa kedepannya." Terang Rizal

Rakor digelar di Gedung Agung Pemda HSU, Kamis (13/12/2018)
Rakor digelar di Gedung Agung Pemda HSU, Kamis (13/12/2018) (Humas Pemkab HSU)

Sementara itu, Yulius Kisworo selaku tenaga ahli pengembangan teknologi tepat guna sekaligus narasumber menyampaikan, melalui inovasi desa diharapkan keinginan untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa dapat terencana dengan baik.

"Yang mana diharapkan dengan program inovasi desa ini, maka ada peningkatan kualitas dari pemanfaatan dana desa yang akan digunakan untuk kegiatan pembangunan dan kegian pemberdayaan desa, hal tersebut sesuai dengan keinginan dan target kementrian desa." Terangnya.

Meski hampir semua kegiatan telah terlaksana, dirinya menghimbau kepada para TPID agar segala pelaksanaan kegiatan tersisa yang belum terlaksana supaya dapat sesegeranya dilakukan." Ujarnya. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved