Berita HSS

Cegah Ilegal Fishing, Tim Gabungan Lakukan Patroli di Danau Bangkau

Menindak lanjuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pengawasan destructive fishing, giat patroli bersama di Danau Bangkau kembali digelar.

Cegah Ilegal Fishing, Tim Gabungan Lakukan Patroli di Danau Bangkau
Dinas Perikanan HSS untuk Banjarmasinpost.co.id
Petugas gabungan melakukan patroli ilegal fishing di Danau Bangkau, Kandangan HSS. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Menindak lanjuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pengawasan destructive fishing, giat patroli bersama di Danau Bangkau kembali digelar.

Danau Bangkau yang berada di Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi surganya para nelayan yang mencari ikan.

Berbagai jenis ikan air tawar ada di Danau Bangkau. Para nelayan tidak hanya berasal dari warga setempat namun juga nelayan lainnya dari desa tetangga hingga desa dari Kabupaten tetangga.

Untuk memantau kondisi danau Bangkau dari ilegal fishing, Jumat, (14/12/2018) sore kembali dilakukan patroli rutin di Danau Bangkau.

Patroli rutin melibatkan tim gabungan dari Polres HSS, Satpol PP, Polairud, Kodim 1003 Kandangan, Polsek Kandangan, Polsek Daha Utara, Polsek Daha Selatan, Dinas Perikanan HSS, Camat Kandangan, Kades Bangkau serta Pokmaswas.

Baca: Manajemen Persib Bandung Bidik Luis Milla? Diplot Jadi Pengganti Ideal Mario Gomes Usai Liga 1 2018

Patroli dilakukan dengan menggunakan speed boat dan menyusuri kawasan Danau Bangkau untuk melihat secara langsung perkembangan dari aktivitas para nelayan di Danau Bangkau.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan HSS Ahmad Fatmadia Syah mengatakan kegiatan patroli gabungan itu dilakukan untuk pengawasan kemungkinan adanya ilegal fishing di Danau Bangkau.

"Kegiatan patroli rutin ini dilakukan sebagai bentuk menindaklanjuti keinginan masyarakat dan tindak lanjut
Focus Group Discussion (FGD) pengawasan destructive fishing yang dilaksanakan pada Selasa, 11 Desember," katanya, Minggu, (16/12/2018).

Pihaknya berharap dengan adanya giat patroli secara rutin itu bisa mencegah adanya kegiatan ilegal fishing di Wilayah Kabupaten HSS khususnya di Danau Bangkau.

Senada, Camat Kandangan Ronaldy yang ikut langsung pada giat patroli di Danau Bangkau mengatakan saat giat patroli itu menggunakan tiga speed boat.

"Kami berharap dengan adanya patroli di Danau Bangkau, kegiatan Ilegal Fishing terutama penyetruman ikan di wilayah Danau Bangkau tidak akan ada lagi," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Malam Ini di RCTI, Pekan 17 Liverpool vs Manchester United!

Untuk itu pihaknya juga berharap kepada semua pihak, baik itu warga sekitar, para nelayan untuk bisa saling menjaga ekosistem di Danau Bangkau. Mencari ikan dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem ikan.

Sekadar diketahui, giat patroli gabungan ke danau Bangkau dipimpin Kabagops Polres HSS Kompol Heri Munanto.

Mereka menyusuri Danau Bangkau mulai dari sore hari hingga menjelang malam. Kegiatan patroli perairan ini untuk mengatahui dan memantau secara langsung kondisi Danau Bangkau dari kegiatan ilegal fishing.
Pada giat patroli ini tidak ada ditemukan pelaku ilegal fishing yang melakukan aktivitas di Danau Bangkau. (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved