Update Kondisi Gunung Merapi, Luncurkan Lava Pijar ke Lereng Selatan Minggu Malam Ini

Gunung Merapi dikabarkan meluncurkan lava pijar. Guguran dan lava pijar kembali terlihat di puncak Gunung Merapi (2.930 mdpl),

Update Kondisi Gunung Merapi, Luncurkan Lava Pijar ke Lereng Selatan Minggu Malam Ini
Tribun Jogja/Setya Krisna Sumargo
Gunung Merapi, gunung teraktif di dunia tersebut masih menunjukkan status waspada sejak Sabtu (24/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gunung Merapi dikabarkan meluncurkan lava pijar. Guguran dan lava pijar kembali terlihat di puncak Gunung Merapi (2.930 mdpl), Minggu (16/12/2018) malam.

Guguran dan luncuran lava pijar itu terpantau terjadi pukul 19.08. Luncuran mengarah ke tenggara, dan terlihat jelas dari Dusun Balerante, Kemalang, Klaten.

“Betul, tadi terpantau pukul 19.08,” kata Agus Sarnyata dari Posko 907. Di pekarangan rumah tokoh yang akrab dipanggil Agus Balerante terpasang tower telekomunikasi dan CCTV BPBD Jateng.

Dari rekaman CCTV malam ini, guguran itu berlangsung lumayan lama, memperlihatkan lelehan lava pijar menyusuri bukaan kawah ke lereng selatan.

Baca: Link Live Streaming Liverpool vs Manchester United Liga Inggris Live RCTI, Akses Pakai Cara Ini

Baca: Daftar Pemain Baru Persib Bandung Dikabarkan Sudah Deal untuk Liga 1 2019, Ada Nama Wesley Sneijder?

Dilihat dari jalurnya, diduga masuk hulu Kali Gendol. Jarak kemungkinan di atas 300 meter, lebih jauh dari luncuran lava pijar pertama beberapa pada 22 November 2018.

Kawasan Merapi sejak Minggu siang hingga malam terlihat cerah setelah malam hingga Minggu pagi diselimuti kabut tebal. Puncaknya terlihat dari segala arah.’’

Pak Jainu, tokoh dan warga Balerante menambahkan, situasi di lapangan masih tetap normal. Tidak ada kepanikan terkait fenomena guguran lava ini.

“Namun warga senantiasa waspada,” kata Jainu yang ketika dihubungi tengah berada di klinik. “Saya tumbang mas, badan drop,” katanya lewat telepon.

Puncak Merapi diabadikan dr Dusun Balerante, Kemalang, Klaten beberapa pekan lalu. Kubah lava baru bentukan sejak pertengahan Agustus 2018 tampak mulai menyembul di tengah bukaan kawah arah selatan/tenggara.
Puncak Merapi diabadikan dr Dusun Balerante, Kemalang, Klaten beberapa pekan lalu. Kubah lava baru bentukan sejak pertengahan Agustus 2018 tampak mulai menyembul di tengah bukaan kawah arah selatan/tenggara. (TRIBUNJOGJA.COM / Krisna Sumargo)

Aman untuk Wisatawan?

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mempersilakan wisatwan berkunjung ke wilayah Yogyakarta saat libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Halaman
123
Editor: Murhan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved