Berita Banjarmasin

VIDEO - Pawai Budaya Nusantara di Banjarmasin, Gambarkan Keindahan Indonesia

Mereka mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah, menggambarkan kebudayaan yang ada didaerah tersebut.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Jalan Sudirman Kota Banjarmasin, tepatnya di depan eks Kantor Gubernur Kalsel diramaikan oleh puluhan orang yang berpenampilan berbeda pada Minggu (16/12/2018).

Mereka mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah, menggambarkan kebudayaan yang ada didaerah tersebut.

Ya, mereka merupakan peserta dari acara Pawai Budaya Nusantara yang digelar oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Selatan.

Pawai tersebut seolah menjadi daya tarik bagi warga. Hal tersebut terlihat dari pengunjung Siring yang menonton dan mengabadikan momen kegiatan.

Baca: Hujan Uang Pecahan 100 Dollar Gegerkan Hong Kong, Bukan HOAKS Ternyata Ini Penyebabnya

Pada Pawai Budaya Nusantara terlihat sejumlah suku yang membawa nama kerukunan keluarga mereka masing-masing. Pakaian adat yang mereka kenakan pun memperlihatkan darimana daerah mereka berasal.

Baca: VIDEO VIRAL, Wanita Ini Terekam Drone Lagi Asik Berenang dengan Paus Pembunuh di Alam Liar

Para peserta nampak berjalan gemulai, mereka juga berhenti saat melintas panggung utama. Kemudian menyapa para tamu undangan yang berhadir.

Dari acara itu, terlihat sejumlah suku yakni Dayak, Batak, Papua, Betawi, Minangkabu, Bali, Jawa dan Banjar serta suku lainnya. Pascamenampilkan dan memperkenalkan kerukunan keluaga, acara pun dibuka diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Nampak hikmat, begitulah suasana yang tercipta pada acara tersebut. Tak hanya peserta, pengunjung dan penonton pun turut mengeluarkan suara ketika lagu kebangsaan dinyanyikan.

Baca: Opick Menikah Senin (17/12), Begini 6 Kehidupan Mewah Istri Ke-3, Bebi Silvana

Perwkilan Gubernur Kalsel, yakni Asisten III Bidang Administrasi Umum, Setda Provinsi Kalsel, Eriansyah menyampaikan apresiasi Pemprov Kalsel atas terselenggaranya acara tersebut.

Dalam sambutannya ia menyampaikan acara Pawai Budaya Nusantara merupakan satu keindahan. Menggambarkan indahnya Indonesia yang beragam.

"Ini suatu keindahan bahwa Indonesia itu Indah sekali dan beragam. Jangan sampai tergerus oleh hal tidak produktif dan ini kedamaian bagi kita, khususnya Kalsel," ucap Eriansyah.

H Hasim Kadir, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalsel mengungkapkan, kalau acara itu juga sekaligus memperlihatkan dan menumbuhkan kebersamaan. Dimana sejumlah suku dan bangsa yang ada di Banjarmasin ditampilkan.

Baca: Gelar Resepsi 2 Agama, Pernikahan Chopra Siap Gilas Meghan Markle di Top List Google

"Tujuannya yakni menciptakan kedamaian antarsuku bangsa, anak bangsa yang ada di Kalsel suaoaya menjelang pemilu n kita tetap bersepakat semua suku ingin menciptakan kedamaian, bertanggung-jawab atas kedamaian terhadap pemilu," ucap Hasim.

Pawai Budaya Nusantara ia sampaikan merupakan acara tahunan yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan. Memperlihatkan orang Indonesia asli tanpa mengkreditkan suku. Menggambarkan kesatuan Indoensia secara kecil yang ada di Kalsel, khususnya Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved