Berita Banjarbaru

Kementerian PUPR Tanam 3150 Pohon di Kalsel, Ini Sejumlah Lokasinya

Sebanyak 3150 pohon nantinya akan ditanam Kementerian PUPR melalui perpanjangan tangannya yaitu Balai Rawa, Balai Sungai, Balai Jalan dan Balai Jembat

Kementerian PUPR Tanam 3150 Pohon di Kalsel, Ini Sejumlah Lokasinya
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan jajaran kepala dinas di Lingkup SKPD Prov Kalsel, tampak akrab dengan kendaraan Trail, Senin (17/12/2018). Usai penananan pohon di kebun raya Banua dalam peringatan hari Bhakti PU, gubernur menggunakan kendaraan trail ke kantor gubernur di Perkantoran Setdaprov Kalsel di Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Revolusi hijau terus digaungkan di Privinsi Kalsel. Tak hanya revolusi hijau dengan penanaman pohon di tepi jalan yang dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Kementerian PUPR juga turut dalam penanaman pohon untuk reboisasi di Kalsel.

Sebanyak 3150 pohon nantinya akan ditanam Kementerian PUPR melalui perpanjangan tangannya yaitu Balai Rawa, Balai Sungai, Balai Jalan dan Balai Jembatan.

"Tersebar se Kalsel jadi nanti beberapa lokasi embung akan kita tanam pohon, di embung Tapin 1000 pohon, Batangalai 500, Kintap 500, dan Amandit 500, kalau di Kebun Raya Banua ini ada 500," ujar Kepala Balai Sungai Wilayah Kalimantan, Dwi Purwantoro saat acara penanaman pohon dan hari bakti PUPR di Kebun Raya Banua Setdaprov Kalsel, Senin (17/12/2018).

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019 Malam Ini

Sengaja di sekitar embung jelasnya ditanam pohon agar air hujan tak langsung masuk ke dalam embung namun tertahan oleh pohon yang lebih dulu menyerap air tanah.

Baca: Hilda Vitria dan Billy Syahputra Kompak Serang Pengacara Kriss Hatta, Gara-Gara Hotman Paris?

Tampak dalam penanaman pohon yang ditanam berupa tanaman buah misalnya Mangga Kelengkeng, hingga Jambu.

Tak hanya penanaman pohon di kawasan embung, Kementerian PUPR melalui BBPJN Wilayah XI Banjarmasin juga akan menanam pohon di tepi jalan nasional yaitu di Jalan Gubernur Syarkawi.

Terang Kepala BBPJN Wilayah XI Banjarmasin Timbul M Pasaribu pihaknya sudah menentukan Jalan Gubernur Syarkawi di kilometer 17 akan menjadi lokasi penanaman pohon dalam hari menanam pohon.

Baca: Nyali Billy Syahputra Malah Menciut Usai Ditanya Sindiran Hotman Paris ke Hilda Vitria, Beda Kasta

"Sudah disiapkan 150 batang untuk ditanam disitu," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Hari bakti PUPR sendiri terang Direktur Bina Penatagunaan SDA Kementerian PUPR, Fauzi Idris dilakukan serentak se Indonesia. Setiap daerah memeringati dan menggelar dengan menanam pohon.

Kementrian PUPR selama ini sebutnya selalu mendukung penanaman pohon di setiap daerah. Terlebih usai proyek pengerjaan selalu dilakukan penanaman pohon sebagai ganti dari pohon yang ditebang untuk pembangunan.

Sementara Kadis PUPR Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar mengatakan mendukung penanaman pohon yang selalu dilakukan dalam kegiatan Kementerian PUPR termasuk oleh Dinas PUPR Provinsi. Selama ini sebutnya sudah ada sinergitas antara Kementerian PUPR dengan Dinas PUPR untuk terus menghijaukan daerah, termasuk Kalsel yang memiliki lahan kritis hingga 640 ribu hektare.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang kali itu membuka acara mengatakan setiap pemerintah di Kalsel baik tingkat provinsi,kota dan kabupaten memang hendaknya mendukung revolusi hijau yang digerakkan oleh Pemerintah Provinsi.

Dengan adanya sinergi antara Pemprov, instansi vertikal dan daerah ia berharap semakin bisa menghijaukan tanah di Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved