Berita Balangan

Waspadai Curah Hujan Tinggi, Begini Antisipasi BPBD Balangan Untuk Banjir dan Longsor

Waspadai Curah Hujan Tinggi, Begini Antisipasi BPBD Balangan Untuk Banjir dan Longsor

Waspadai Curah Hujan Tinggi, Begini Antisipasi BPBD Balangan Untuk Banjir dan Longsor
istimewa/ BPBD Balangan untuk BPost Group
Giat simulasi oleh BPBD Balangan dalam mengatasi bencana banjir dan longsor.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Memasuki musim hujan seperti saat ini, dikhawatirkan pada musim hujan tahun-tahun sebelumnya, dimana beberapa wilayah di Balangan terjadi musibah banjir dengan kedalaman yang bervariasi.

Untuk mengantisipasi dan persiapan penangulangan banjir, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan melaksanakan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana banjir.

Yaitu dengan mengelar simulasi penanganan korban banjir beberapa hari kemarin, ini tak lain guna mengantisipasi jika musibah banjir kembali terjadi.

Adapun simulasi yang dipragakan adalah terkait pengungsi, penanganan korban akibat banjir, pelayanan makan terhadap pengungsi.

Sementara untuk simulasi didalam ruangan dengan melakukan koordinatif setiap stakeholder terhadap banjir dan penanganan banjir.

Baca: Jadwal Mata Najwa PSSI Bisa Apa Jilid 2, Siaran Langsung dan Live Streaming Trans 7

Kepada banjarmasinpost.co.id, Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love, Selasa (18/12/2018), mengatakan, sebelum terjadi banjir perlu adanya mitigasi dengan bantuan masyarakat setempat.

Ketika banjir tidak sepenuhnya dapat dihindari, masyarakat dapat melakukan upaya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya banjir.

“Salah satu peran serta untuk mengantisipasi banjir dengan membersihkan sungai dan got atau selokan dari sampah dan endapan lumpur untuk memperlancar aliran sungai,” ujarnya.

BPBD Balangan sendiri, kata Alive, mulai melakukan berbagai upaya antisipasi. Selain menginventarisir alat penanggulangan bencana juga melakukan sosialisasi banjir didaerah rawan banjir.

"Kita berencana terus melakukan sosialisasi banjir, di Lima Kecamatan rawan banjir yakni, Juai, Halong, Batumandi, Awayan, Paringin Selatan dan Lampihong," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved