Berita Balangan

Giliran Balangan Musnahkan 10.582 KTP Elektronik, Ternyata Begini Kondisi KTP-nya

Puluhan ribu KTP elektronik yang rusak atau invalid dimusnahkan oleh Disdukcapil Kabupaten Balangan dengan cara dibakar.

Giliran Balangan Musnahkan 10.582 KTP Elektronik, Ternyata Begini Kondisi KTP-nya
elhami
Pemusnahan ktp el invalid di halaman kantor Disdukcapil Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Puluhan ribu KTP elektronik yang rusak atau invalid dimusnahkan oleh Disdukcapil Kabupaten Balangan dengan cara dibakar.

Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Disdukcapil Kabupaten Balangan, Rabu (19/12/2018) dihadiri oleh sejumlah pejabat.

Kadisdukcapil Kabupaten Balangan H Hifnie MH kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (19/12/2018) mengatakan, alasan pemusnahan KTP El secara dibakar ini sebagaimana diketahui saat ini merupakan tahun politik.

Segala kejadian yang bisa dihubungkan dengan proses pemilu bisa saja terjadi seperti ramainya pemberitaan KTP El yang tercecer.

Baca: 6 Fakta Jalan Raya Gubeng Surabaya Ambles 50 Meter, Pembangunan RS hingga Suara Gemuruh

Baca: Sikap Gisella Anastasia Usai Pengasuh Baru Gempita Berhenti, Mantan Gading Marten Panggil Koneng?

Baca: Pesawat Haji itu Meledak saat korban Hj Rasidah Ulang Tahun ke-38

"Alhamdulillah di Kabupaten Balangan sampai saat ini tidak pernah terjadi keteledoran dalam penatausahaan blanko KTP El yang rusak atau invalid," ujarnya.

Seperti diketahui KTP El invalid adalah KTP yang tidak dipakai lagi karena rusak, gagal percetakan, bekas akibat perubahan biodata.

Setiap KTP yang gagal cetak, atau penarikan karena rusak, pindah, dan perubahan data Disdukcapil Kabupaten Balangan selalu menandai dengan cara dilobangi sehingga tidak dapat dipergunakan dan disalahgunakan lagi.

"Saat ini untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan maka turun surat edaran menteri dalam negeri no.470.13/1117/sj, tanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP El rusak atau invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa total KTP El yang dimusnahkan oleh Disdukcapil Kabupaten Balangan berjumlah 10.582 keping dengan rincian gagal cetak 78, bekas karena rusak 2.780, bekas perubahan data karena pindah 1.715, dan bekas perubahan data karena perubahan biodata 6.009.

Menurutnya, seluruh KTP El yang dibakar tersebut merupakan KTP El yang terkumpul dari tahun 2017, 2018 dan hingga saat ini, sementara KTP El yang dari 2016 kebawah dilakukan penyerahan ke pusat.

"Setelah adanya kegiatan ini kedepannya Disdukcapil Kabupaten Balangan akan rutin setiap bulannya melakukan pemusnahan melalui cara dibakar," pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved