Yayasan Adaro Bangun Negeri

Kompleks Maluyung Dukung Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau

Sampah rumah tangga dibuang ke tempatnya, kemudian diambil setiap hari oleh petugas pengangkut sampah, merupakan perilaku pengelolaan sampah

Kompleks Maluyung Dukung Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau
YABN
kompleks Maluyung yang berada di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong telah menerapkan beberapa metode pengelolaan sampah, seperti penerapan pemilahan sampah di rumah dan pengelolaan sampah oleh Bank Sampah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sampah rumah tangga dibuang ke tempatnya, kemudian diambil setiap hari oleh petugas pengangkut sampah, merupakan perilaku pengelolaan sampah yang biasanya ditemui di masyarakat perkotaan, khususnya di kompleks perumahan.

Namun berbeda dengan kompleks pada umumnya, kompleks Maluyung yang berada di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong telah menerapkan beberapa metode pengelolaan sampah, seperti penerapan pemilahan sampah di rumah dan pengelolaan sampah oleh Bank Sampah.

“Dulu di depan gapura kompleks ada bak pembuangan sampah, sampah biasanya berserakan di sekitar bak. Setiap lewat sana tidak enak dipandang dan bau. Alhamdulillah sekarang udah jauh mendingan. Udah bersih dan warga di sini semuanya sudah mulai bisa mengelola sampah masing-masing,” ujar Siti, salah satu kader Desa Bersih dan Hijau.

Desa Bersih dan Hijau adalah sebutan bagi desa mitra pelaksana Program Pelestarian Lingkungan yang dilaksanakan oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) untuk mendukung program Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong pada tahun 2016 silam.

Terlaksananya kegiatan gotong-royong di Kompleks Maluyung tidak terlepas dari peran warga Kompleks Maluyung khususnya ibu-ibu warga Kompleks Maluyung yang memang memiliki keinginan dan semangat yang tinggi untuk menjaga dan memelihara lingkungan Kompleks Maluyung.

Terlaksananya kegiatan gotong-royong di Kompleks Maluyung tidak terlepas dari peran

warga Kompleks Maluyung khususnya ibu-ibu warga Kompleks Maluyung yang memang

memiliki keinginan dan semangat yang tinggi untuk menjaga dan memelihara lingkungan

Kompleks Maluyung. (YABN)

Program ini menjadi kontribusi YABN untuk mewujudkan program fisik dan non fisik dalam upaya pengelolaan sampah yang dilakukan secara berkala dan kontinu.

Setiap tahapan program tersebut akan dievaluasi agar perkembangan program dapat diukur.

Halaman
1234
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved