Public Services

NIK Tak Sesuai Tanggal Lahir

Yth. Disdukcapil Banjarmasin. Apakah bisa kita minta perubahan nomor NIK, karena nomor NIK harus sama dengan tanggal lahir

NIK Tak Sesuai Tanggal Lahir
kompas.com
lustrasi. e-KTP

BANJARMASIN - Yth. Disdukcapil Banjarmasin. Apakah bisa kita minta perubahan nomor NIK, karena nomor NIK harus sama dengan tanggal lahir, tapi ada kesalahan di NIK tadi yang tidak sesuai dengan tanggal lahir tadi, padahal yang benar di tanggal lahir tadi. 085251691522

TANGGAPAN:
TERIMA KASIH atas pertanyaannya. Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan UU Nomor 24/2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan pasal 13 ayat 2 bahwa, NIK berlaku seumur hidup dan selamanya yang diberikan oleh pemerintah melalui instansi pelaksana.

Artinya bahwa NIK tidak dapat diubah, akan tetapi biodata pada KK dapat diubah sesuai dengan data dukung seperti Akta atau ijazah yang bersangkutan, tetapi NIK-nya tetap sesuai dengan UU. Demikian dan terima kasih.

M YUSUF EFFENDI
Kabid Dukcapil Disdukcapil Banjarmasin

Ambil Soal Harus Bayar

HULU SUNGAI SELATAN - Kepada Plt Ketua PGRI Kab. HSS. Kami dari anggota PGRI mengeluhkan soal kami yang diperintahkan membuat soal Ulangan Semester I, kemudian dikumpulkan. Tidak dikasih Upah.
Malah kami yang harus membayar uang, tiap kami mengambil soal (soal Penjaskes tidak lengkap). Kami mohon bapak secepatnya mengambil tindakan, agar kami tidak selalu dirugikan. Terima kasih. 082293704502

TANGGAPAN:
PERLU diketahui bahwa, setiap ulangan umum, baik itu semester 1 maupun semester 2, biasanya selalu diadakan rapat KKG khususnya di Rayon V. Dalam rapat tersebut disepakati bahwa pembuatan soal dikerjakan bersama, setiap sekolah menunjuk pembuat soal untuk membuat soal yang sudah dibagi tugas. Setiap guru pembuat soal diberi tugas per KD (Kompetensi Dasar) dalam tema dan muatan pelajaran tertentu.

Masalah upah memang tidak ada sejak dulu, karena merupakan hasil rapat dan kesepakatan bersama. Karena hal tersebut juga merupakan kewajiban seorang guru untuk membuat soal setiap ada ulangan umum.
Dengan adanya kerja sama tersebut, malah meringankan tugas dia sebagai guru. Seandainya tidak dikerjakan bersama mungkin kerjaannya lebih banyak lagi dia membuat soal soal ulangan, bahkan semua KD yang ada pada tema tersebut dan semua mata pelajaran.

Kemudian terkait harus membayar apabila mau mengambil soal, itu berhubungan dengan biaya print out dan foto copy setiap lembar soal semua mata pelajaran sebagai master soal yang nantinya akan diperbanyak atau digandakan oleh sekolah masing masing. Demikian yang dapat kami jelaskan, terima kasih.

UMAR DANI MPD
Plt. Ketua PGRI Kab. HSS

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved