Berita HSU

16 Kasus Sepanjang 2018, Polres HSU Amankan 17 Orang Tersangka dan Sejumlah Barang Bukti

Polres HSU melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 di halaman Mapolres Hulu Sungai Utara (HSU) yang dipimpin oleh Kapolres HSU AKBP Ahmad

16 Kasus Sepanjang 2018, Polres HSU Amankan 17 Orang Tersangka dan Sejumlah Barang Bukti
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Polres HSU melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 di halaman Mapolres Hulu Sungai Utara (HSU) yang dipimpin oleh Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan SIK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Polres HSU melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 di halaman Mapolres Hulu Sungai Utara (HSU) yang dipimpin oleh Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan SIK.

Dalam kesempatan itu AKBP Arif membacakan amanat gelar pasukan bahwa situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

Realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan.

Baca: Ramai Kabar Lamaran, Syahrini dan Reino Barack Posting Hal Serupa, Luna Maya Malah Pamer Ini

Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama. Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar.

Baca: Pedalaman Kabupaten Banjar Menyimpan Wisata Air Terjun yang Eksotis, Ini Tempat dan Kendalanya

Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan.

Dalam kaitan tersebut, Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2018”, yang melibatkan 167.783 personel pengamanan.

Baca: Hilda Vitra Diputuskan Istri Sah Kriss Hatta oleh Pengadilan Tinggi Agama Bandung, Billy Syahputra?

"Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua, dimana kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018," ujarnya.

Kegiatan ininjuga dihadiri oleh Ketua DPRD HSU, Perwakilan Kodim 1001 Amuntai, Ketua Pengadilan Negeri Amuntai, Ketua Kejaksaan Negeri Amuntai, Kepala Dishub HSU, Perwakilan Satpol PP HSU, Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum HSU, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Amuntai, Ketua MUI HSU dan Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Baca: Tusuk Seterunya Hingga Tewas Lalu Kabur, Iqbal Tak Tenang Kemudian Lakukan Perbuatan Terhormat Ini

Dalam kesempatan itu juga menggelar konferensi pers hasil kegiatan tindak pidana khusus Sat Reskrim Polres HSU Tahun 2018. Hasil pengungkapan kasus sebanyak 16 kasus yang terdiri dari 10 kasus ilegal BBM, 3 kasus tindak pidana perikanan, dua kasus tindak pidana pangan, dan satu kasus ITE.

"Dari hasil pengungkapan kasus diamankan 17 orang tersangka yang saat ini tengah menjalani proses hukum," ungkap AKBP Arif.

Barang bukti yang diamankan adalah 2181 liter premium, 70 liter pertamax, 35 liter pertalite, dan 420 liter solar. Delapan unit sepeda motor, tiga buah mobil dan dua buah jukung.

Polres HSU juga mangamankan 13.250 kilogram gula. Polres HSU juga mengungkap satu kasus tindak pidana korupsi dan mengamankan satu orang tersangka dengan kerugian negara Rp. 195.082.000. (Banjarmasinpost.co.id/Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved