Kuliner Hulu Sungai Utara

Terungkap Alasan Erna Jual 41 Macam Kue di Pasar Amuntai, Kue Sagu Panggang Paling Banyak Dicari

Sejak pagi buta sekitar pukul 05.30 Wita Erna sudah berada di Pasar Amuntai untuk menjual berbagai macan jenis kue olahan.

Terungkap Alasan Erna Jual 41 Macam Kue di Pasar Amuntai, Kue Sagu Panggang Paling Banyak Dicari
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Erna menjual berbagai macan jenis kue olahan di Pasar Amuntai untuk. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Sejak pagi buta sekitar pukul 05.30 Wita Erna sudah berada di Pasar Amuntai untuk menjual berbagai macan jenis kue olahan.

Meskipun bukan hasil olahan sendiri, namun Erna warga Desa Tambalangan ini sudah 30 tahun berjualan kue tradisional di pasar.

Bertempat di lantai satu tak jauh dari tangga menuju lantai dua pasar Amuntai, Erna sudah siap menjual kue tradisional yang diantar oleh produsen. Tak sendiri Erna juga bersama beberapa penjual kue lainnya.

Hampir seluruh penjual kue hanya menjual milik produsen yang juga dari Desa Tambalangan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Bukan karena Erna tak bisa membuat sendiri namun dengan ikut menjadi penjual dirinya tidak harus menanggung resiko tidak laku.

Karena jika kue tidak laku akan dikembalikan kepada produsen.

Kue yang paling laku adalah kue sagu panggang yang merupakan kbas Amuntai.

Baca: Alasan Sekjen PSSI Ratu Tisha Mangkir Dari Panggilan Satgas Pengaturan Skor Imbas Mata Najwa

Hasil penjualan itulah yang akan dihitung dan sebagian keuntungan dari penjualan menjadi upah Erna. Dalam sehari Erna bisa menjuak hingga 2000 kue dari berbagai macam jenis kue. Ini jika sedang ramai seperti saat bulan ramadan atau maulid. Jika hari biasa sekitar 1000 kue yang terjual.

"Sekitar Rp 100 ribu sehari bisa didapat jika sedang banyak pembeli, namun bisa juga kurang dari itu," ujarnya.

Pembeli berkurang biasanya saat musim buah, saat banyak musim buah warga lebih memilih membeli buah untuk makanan ringan. Erna sangat senang saat bulan maulid karena banyak yang memesan kue untuk suguhan acara.

Baca: Reaksi Hotman Paris Saat Andi Soraya Blak-blakan Soal Kehidupan Ranjang dengan 4 Pria Berbeda

Sejak pagi buta dirinya memang sudah berada di pasar karena menunggu para pemilik warung yang telah menjadi langganannya untuk dijual kembali.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved