Berita Hulu Sungai Tengah

300 Orang Pegiat Alam Bersihkan Jalur Pendakian Halau-halau Selama Empat Hari

Sekitar 300 orang pegiat alam dan lingkungan se-Kalimantan Selatan mengikuti aksi bersih-bersih sampah di jalur pendakian puncak Halau-halau

300 Orang Pegiat Alam Bersihkan Jalur Pendakian Halau-halau Selama Empat Hari
ORPALA GARIMBAS
Pelepasan peserta kegiatan Bersih-bersih dan Hijaukan Kembali Jalur Pendakian Puncak Halau Halau, di depan Sekretariat Orpala Garims, Birayang Kecamatan Batangalai Selatan, HST, Sabtu 22 Desember 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Sekitar 300 orang pegiat alam dan lingkungan se-Kalimantan Selatan mengikuti aksi bersih-bersih sampah di jalur pendakian puncak Halau-Halau, Kecamatan Batangalai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Peserta kegiatan tersebut dilepas di halaman Sekretariat Orpala Garimbas, di Birayang, Kecamatan Batangalai Selatan (BAS), 22 Desember kemarin.

Pembina Orpala Garimbas, Nursewan, kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (23/12/2018) menjelaskan, pelepasan dilakukan Camat BAS, Edy Rahmawan.

Sebelum dilepas, peserta mendapat pengarahan dari Muhammad Yani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan.

Selama empat hari, yaitu sampai 26 Desember 2018 mereka melakukan pemungutan sampah sepanjang jalur, hingga ke puncak gunung tertinggi di Kalsel tersebut.

Baca: 3 Penyebab Tsunami Banten dan Lampung, Bukan Gempa, Terkait Gunung Anak Krakatau?

Baca: Tsunami Lampung, 14 Jenazah Korban Tsunami Ditemukan di Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan

Baca: 5 Fakta Baru Tsunami Banten dan Tsunami Lampung, Jumlah Korban Hingga Gunung Anak Krakatau

Baca: Pesan Duka Ade Jigo Menemukan Sang Istri Meyuza Ikut Jadi Korban Tsunami

Adapun jalaur pendakian ke Halau-Halau, di mulai dari Desa Kiyu, Tiranggang, Sungai Karuh, Jumantir, Penyusungan, Puncak Halau-Halau.

Waktu tempuhnya dua hari.

Disebutkan, saat pelepasan, pesertanya ada 67 orang.

Namun, sebagian ada yang sudah mendaki terlebih dahulu, hingga jumlahnya mencapai 300 orang.

Mereka berasal dari pegiat alam se-Kalsel.

Selain Garimbas, juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut antara lain Mapala Meratus UIN Banjarmasin, MAN 2 Tanjung, Hantas Tarus, Pekad, Kukura Borneo, Palapubak, JAB, Balalah Ekplorekalimantan, KBMA, Batis Penjelajah, Mapala Angikulture Amuntai, serta kalangan masyarakat umum se-Kalsel.

Dijelaskan, Sapu Bersih MT Halau-Halau 1901 MDPL tersebut diselenggarakan dengan dana swadaya, murni hasil penjualan kaos #savemeratus yang dibeli oleh peserta pegiat alam dan kalangan masyarakat umum yang peduli dan mendukung kegiatan tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah membeli kaos tersebut. Uang hasil penjualan sepenuhnya untuk terselenggaranya aksi kegiatan ini,” kata Nursewan.

Disebutkan, para peserta memunguti sampah di jalur pendakian tadi, selanjutnya sampah dibawa turun dan disetorkan ke Bank Sampah, milik Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved