Bumi Sanggam

Badan POM HSU Sambangi Dua Sekolah di Kabupaten Balangan

Sejumlah siswa dari SMP 3 dan SMP 5 Paringin terlihat antusias mengikuti materi roadshow sosialisasi yang diadakan Badan POM HSU di sekolah.

Badan POM HSU Sambangi Dua Sekolah di Kabupaten Balangan
HO/BPOM HSU
Badan POM HSU sambangi dua sekolah di Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sejumlah siswa dari SMP 3 dan SMP 5 Paringin terlihat antusias mengikuti materi roadshow sosialisasi yang diadakan Badan POM HSU di sekolah masing-masing selama dua hari berturut-turut, Kamis dan Jumat (20-21/12/2018).

Kepala Badan POM HSU, Bambang Heri Purwanto dalam sambutannya mengatakan sejatinya tema yang diangkat pada roadshow kali ini adalah sosialisasi mengenai bahaya yang ada pada makanan atau jajanan yang mengandung pengawet. Akan tetapi karena sejauh ini tidak pernah ditemukan makanan atau jajanan yang mengandung bahan pengawet di kantin sekolah.

“Pada kegiatan sosialisasi sebelumnya di Balangan, kami mendapatkan testimoni dari BNN bahwa dulu ada mantan pengguna obat-obatan terlarang yang mulai coba-coba menggunakan sejak usia SMP,” ujarnya.

Bambang Heri Purwanto menambahkan pihaknya merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Karenanya untuk Kabupaten Balangan, tema roadshow yang dipilih pun sosialisasi mengenai bahaya penggunaan obat-obatan terlarang atau yang banyak beredar disebut dengan pil zenith.

“Awalnya mantan pengguna itu dikasih gratis. Lama-lama karena kecanduan akhirnya membeli yang uangnya didapat dengan berbagai cara yang tentunya kurang baik,” lanjutnya.

Kepala SMP 3 Paringin, Megawati menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi yang diadakan Loka POM Amuntai ini, karena selain menambah pengetahuan kepada siswa, juga dapat memberikan pengertian kepada siswa untuk waspada dan menjauhi penggunaan obat-obatan terlarang tersebut.

“Alhamdulillah sejauh ini siswa SMP 3 Paringin bersih dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut,” tandasnya.

Badan POM HSU Sambangi Dua Sekolah di Kabupaten Balangan
Badan POM HSU Sambangi Dua Sekolah di Kabupaten Balangan (HO/BPOM HSU)

Terpisah Kepala SMP 5 Paringin, Ahmad Riyadie mengamini apa yang dikatakan Megawati. Dia berharap sosialisasi semacam ini lebih sering lagi diadakan untuk bisa lebih menekan bahkan mencegah para siswa terutama yang seusia SMP terjerumus dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Kegiatan sosialisasi kepada siswa ini diisi dengan pemberian materi berupa obat-obatan terlarang mulai dari bahan hingga dampak yang ditimbulkan, oleh Kepala Badan POM HSU, Bambang Heri Purwanto serta pemberian motivasi untuk selalu berlaku dan berpikir positif oleh trainer motivasi, Hendra. (*/Aol)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved