Berita HSU

Pengunjung Bisa Bersantai Sambil Kulineran di Lokasi Wisata Kuliner Baru di Amuntai Tengah Ini

Beberapa waktu lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Hsu meresmikan pasar rakyat di Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah.

Pengunjung Bisa Bersantai Sambil Kulineran di Lokasi Wisata Kuliner Baru di Amuntai Tengah Ini
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Lokasi wisata yang baru diresmikan Pemkab HSU, Pasar rakyat di Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini memiliki destinasi baru untuk berlibur dan bersantai. Beberapa waktu lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Hsu meresmikan pasar rakyat di Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah.

Pasar rakyat yang digunakan untuk rest area tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan makanan. Bangunan utama Pasar rakyat yang merupakan bangunan panggung dengan mengangkat konsep natural dan terapung.

Bangunan utama mayoritas menggunakan bahan dari bambu serta atap dari rumbia dan bagian dalam dilapisi dengan tikar purun khas kabupaten Hsu. Di sekitar bangunan utama terdapat gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai sembari menyantap makanan.

Bangunan tersebut sudah lama dibangun sekitar tahun 2011 dan beberapa kali dilakukan upaya untuk pemanfaatan dengan menggandeng pihak.

Dan saat ini kembali dilakukan dengan Dan harapannya agar pasar rakyat bisa terus berkembang dan menjadi destinasi baru bagi warga Amuntai dan luar daerah untuk berkunjung.

Baca: Adey Syafrien Dikabarkan Lamar Syahrini, Terungkap Malah Baru Nikahi Wanita Cantik, Reino Barack?

Baca: Karena Presiden Jokowi? Teori Deddy Corbuzier Soal Penyebab Tsunami Banten & Tsunami Lampung

Di sekitar bangunan utama pasar rakyat juga terdapat ruko dan lapak yang disediakan untuk pedagang kecil yang mayoritas menjual makanan serta minuman. Ada 28 yang saat ini dimanfaatkan oleh para pedagang penjual makanan dan minuman untuk berjualan.

Para pedagang mendapatkan fasilitas air bersih untuk memudahkan saat berjualan, lapak juga di isi dengan meja cukup besar yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan perlengkapan jualan.

Rena salah satu penjual makanan mengatakan sangat terbantu dengan adanya lapak di pasar rakyat, meskipun letaknya cukup jauh dari tempat tinggal namun jumlah pembeli juga cukup banyak.

"Berjualan mulai dari pagi hingga sore hari Namun paling banyak pengunjung adalah pada sore hari dan di hari libur," ujarnya.

Mengenai biaya sewa dirinya masih belum mengetahui apakah nantinya akan ada pungutan. Karena masih beberapa hari berjualan maka masih belum bisa memperhitungkan keuntungan yang didapat, jika nantinya diberlakukan adanya pungutan diharapkan tidak terlalu membebani para pedagang.

Pengunjung dari luar daerah juga bisa membeli oleh-oleh khas Kabupaten Hulu Sungai Utara seperti makanan ringan dan nyaman karena di area tersebut juga terdapat galeri Dekranasda yang di kalau langsung oleh tim penggerak PKK Hsu.

Baca: UPDATE Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019, Kirimkan via Whatsapp Facebook Twitter Instagram

Baca: Ucapan Selamat Hari Natal 2018 dari Maia Estianty Jadi Sorotan, Gading Marten Bahkan Lakukan Ini

Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid mengatakan pihaknya bekerja sama dengan para pengrajin untuk ikut memamerkan hasil kerajinan mereka. " tidak hanya dijual dalam bentuk satuan jika ada pembeli yang ingin membeli dalam jumlah besar kami juga akan fasilitasi," ujarnya.

Galeri Dekranasda juga menjadi daya tarik bagi pengunjung terlebih ya g berada diluar daerah.

Terpisah Diyah warga desa Kecamatan Sungai pandan yang sengaja datang untuk melihat kondisi pasar rakyat mengatakan sangat terbantu dengan dibukanya pasar rakyat. Selain pemandangan yang indah pasar rakyat juga menyediakan berbagai jenis macam makanan dan minuman.

" Saya berencana untuk membawa Keluarga besar saya untuk datang ke tempat ini dan menikmati makanan sembari bersantai," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved