Berita Kabupaten Banjar

Dinkes Tambah Puskesmas Tingkatkan Layanan Kesehatan, Rencana Bangun di Sungai Sipai

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menambah puskesmas di Sungaitabuk Kabupaten Banjar, Bupati Banjar, H Khalilurrahman meresmikan puskesmas tersebut.

Dinkes Tambah Puskesmas Tingkatkan Layanan Kesehatan, Rencana Bangun di Sungai Sipai
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Bupati Banjar Khalilurrahman meresmikan gedung UPT Puskesmas Sungaitabuk, Rabu (26/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menambah puskesmas di Sungaitabuk Kabupaten Banjar.  Bupati Banjar, H Khalilurrahman meresmikan puskesmas tersebut, Rabu (26/12/2018).

Dalam waktu dekat akan kembali menambah satu puskesmas di Kecamatan Martapura Kota dan hingga kini jumlah puskesmas di Kabupaten Banjar sebanyak 24 Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, penambahan satu lagi puskesmas di Kecamatan Martapura Kota karena jumlah penduduknya sudah hampir 120 ribu jiwa. Tujuan penambahan puskesmas agar kualitas pelayanan terus meningkat yang berdampak pada derajat kesehatan masyarakat, serta melayani dengan sepenuh hati, seperti senyum, sapa, salam dan santun.

"Rasio satu puskesmas kira-kira 30.000 jiwa dan saat ini puskesmas di Kecamatan Martapura Kota ada dua, yakni di Martapura satu dan Martapura dua, kedepan jumlah puskesmas menjadi tiga, rencananya di Sungaisipai yang menjadi perbatasan dengan Banjarbaru," katanya.

Baca: BKN Umumkan Hasil Kelulusan CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Lihat Juga Link Tes SKB CPNS 2018

Pada 2018 pihaknya telah melaksanakan 11 pembangunan fisik, terdiri dari dua puskesmas yang direlokasi, rebah berat, rehab ringan yang bersumber dari APBN dan proses pemangunannya semua didampingi oleh TP4D Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar.

Dengan bertambahnya jumlah puskesmas, kualitas pelayanan bisa terus meningkat, dan sudah hampir 30 tahun berkeinginan untuk mendapatkan puskesmas yang memenuhi standar dan pada tahun 2018 ini baru terwujud.

Pembangunan puskesmas ini sebagai bentuk nyata dari Bupati Banjar yang mana visi misi menyebutkan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbasis pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan kesejahteraan sosial.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, keberadaan fasilitas fisik adalah sarana penunjang yang penting dalam pelayanan kesehatan, karena menyakini bahwa kesembuhan seseorang pasien tidak hanya ditentukan oleh perawatan tetapi juga fasilitas medis dan sarana yang memadai. Begitupun dengan keberadaan gedung UPT Puskesmas Sungaitabuk 2 dan 10 kegiatan program pembangunan lainnya, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Baca: Kapendam Jaya: Oknum TNI Tembak Letkol CPM Dono Kuspriyanto dalam Keadaan Mabuk

Menurut pria yang akrab disapa Guru Khalili ini, peningkatan sarana kesehatan merupakan salah satu penunjang bagi masyarakat, dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang cepat dan terjangkau.

Dirinya berharap dengan selesainya relokasi gedung baru UPT Puskesmas Sungaitabuk 2 serta pembangunan-pembangunan lainnya, dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan terkhusus mewujudkan visi Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah, dengan misi tiga prioritas utama pembangunan, yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

"Saya berpesan kepada seluruh masyarakat dan dinas kesehatan agar semua pusat pelayanan masyarakat yang baru seperti ini, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pelayanan kesehatan. Sisi lain, supaya bangunannya di aga dengan sebaik-baiknya," katanya.

Guru Khalil juga meminta kepada seluruh para Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan agar selalu murah senyum, ramah dalam bertugas. Tidak boleh ada perbedaan perlakuan pada masyarakat yang membutuhkan layanan, selalu berikan yang terbaik bagi pasien jangan sampai pasien yang datang berobat di puskesmas justru dimarah-marahi, atau mendapat perlakuan yang kurang mengenakan. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved