Berita Banjar

Tahura Sultan Adam Ditanami 22 Jenis Bambu, 8 Jenis Di antanya Berasal dari Luar Negeri

Dinas Kehutanan provinsi Kalsel akan menggalakan penanaman bambu di Kalsel. Depan kantor SKPD Provinsi Kalsel juga akan ditanami bambu.

Tahura Sultan Adam Ditanami 22 Jenis Bambu, 8 Jenis Di antanya Berasal dari Luar Negeri
istimewa/ Dishut Kalsel
Bambu cina gold ditanam di Tahura Sultan Adam 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Usai penanaman pohon sebagai bentuk dari revolusi hijau, kali ini Dinas Kehutanan provinsi Kalsel akan menggalakan penanaman bambu di Kalsel. Jika sebelumnya Setdaprov Kalsel ditanami pepohonan, nantinya depan kantor SKPD Provinsi Kalsel juga akan ditanami bambu.

Halaman kantor SKPD nantinya akan ditanami bambu sebanyak 10 titik.

"Bambu yang akan kita tanam nanti jenis gold China," ujar Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, dalam penanaman bambu di Tahura Sultan Adam, Rabu (26/12/2018).

Sebelumnya ada 823 batang dari 22 jenis bambu ditanam di kawasan Tahura Sultan Adam. Setelah Hutan Hujan Tropika di Setdaprov Kalsel yang menjadi hutan tematik di Kalsel, Tahura Sultan Adam karena nantinya akan menjadi arboretum bambu yang bisa digunakan untuk penelitian, pendidikan, serta sebagai ekowisata.

Baca: Maia Estianty Jodohkan Ariel Noah dengan Cewek Cantik dan Mandiri Ini, Sempat Dipeluk!

Baca: Prediksi & Jadwal Siaran Langsung Liverpool vs Newcastle Boxing Day Liga Inggris Pekan 19

Baca: Ini Isi Lengkap Surat Terbuka 5 Pendiri PAN yang Minta Amien Rais Mundur Jelang Pilpres 2019

Baca: Amien Rais Didesak Mundur 5 Pendiri PAN Karena Dukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019

Sebanyak 22 jenis bambu tersebut terangnya diambil dari berbagai negara dan lokal. Ada 14 jenis bambu yang didatangkan dari lokal Indonesia.

Penanaman bambu ini, lanjut Hanif kepada Banjarmasinpost.co.id merupakan wujud komitmen pemprov dalam mengembangkan dan membudidayakan bambu di Kalsel.

Sebelumnya, Pemprov Kalsel juga mengirimkan delegasi ke Tiongkok untuk mempelajari lebih jauh terkait pengembangan dan budidaya bambu.

Nuansa bambu sendiri sebelumnya datang dari Pemprov dengan akan dibangunnya masjid bambu di Kiram Kabupaten Banjar. Hal itu dikarenakan Kalsel dianggap salah satu daerah penghasil bambu namun infrastruktur dari bambu belum banyak dimanfaatkan warga.

Setelah penanaman di Tahura Sultan Adam, Hanif mengatakan penanaman akan dilanjutkan ke halaman kantor SKPD Provinsi Kalsel.
(banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved