Ekonomi dan Bisnis

Bank BPR Batola Formulasikan Kredit Khusus Petani

Bank BPR Batola, formulasikan kredit khusus untuk segmen para petani khususnya di kawasan Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel)

Bank BPR Batola Formulasikan Kredit Khusus Petani
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Pelayanan di Kantor Bank BPR Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank BPR Batola, formulasikan kredit khusus untuk segmen para petani khususnya di kawasan Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Diberi nama Sistem Kredit Musiman Petani, para petani diberikan kemudahan pada sisi pembayaran dimana selama waktu tertentu debitur hanya diwajibkan untuk membayar bunga kredit.

Sedangkan pokok kredit bisa dibayarkan debitur saat tiba waktu panen.

Direktur Utama Bank BPR Batola, Bahrani menjelaskan, program kredit tersebut memang sengaja diperuntukkan untuk segmen petani agar tidak memberatkan.

Baca: Evan Dimas Resmi Gabung Barito Putera, Tanggapan Jacksen F Tiago Ini Bikin Laskar Semangat

"Jadi misal di awal enam bulan pertama belum panen, petani bisa hanya bayar bunga kredit saja. Setelah panen baru mulai membayar pokok pinjaman," kata Bahrani.

Baca: Live Streaming JTV Persinga Ngawi vs Persegres Gresik United Piala Indonesia 2018, Posisi 64 Besar

Berlokasi di Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti, Batola, hingga saat ini, dari kurang lebih 799 nasabah Bank BPR Batola 45 persen diantaranya merupakan segmen petani.

Segmen petani juga otomatis menjadi segmen terbesar yang menerima penyaluran kredit Bank BPR Batola yang secara keseluruhan sudah salurkan kredit sebesar kurang lebih Rp 4,7 miliar.

Baca: Tak Nyangka Dapat Salam Khas dari Irwan Mussry, Dul Jaelani Kaget Lalu Dibalas Dul dengan Cara Ini

Menurutnya program ini merupakan penerapan arahan Bupati Batola yang inginkan Bank BPR Batola untuk berdayakan dan majukan para petani.

"Kami sadari di Batola memang usaha mayoritas itu sektor pertanian, jadi arahan dari Ibu Bupati memang kesana," kata Bahrani.

Usaha penyaluran program kredit khusus petani tersebut menurutnya juga untuk menekan jumlah masyarakat yang terjebak pinjaman dana berbunga tinggi dari rentenir yang menurutnya banyak didapati di Batola.

Baca: Lewat Sscn.bkn.go.id, BKN Umumkan Hasil Kelulusan CPNS 2018, Bukan Link Tes SKB CPNS 2018

Dari jumlah nasabah yang hampir mencapai 800 orang, Bank BPR Batola sudah menjangkau hingga ke 11 dari 17 Kecamatan di Batola.

"Ini masih jadi PR kami di tahun depan supaya bisa menjangkau ke seluruh Kecamatan. Tahun depan kami juga berencana membuka Kantor Cabang di Marabahan," kata Bahrani.

Selain program kredit khusus petani, program kredit tanpa agunan untuk para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batola juga cukup banyak disalurkan.

Termasuk berkat program tersebut, Bank BPR Batola juga sukses raih sederet penghargaan di Tahun 2018 kategori BPR dari berbagai lembaga survei. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved