Opini Publik

Menyongsong ULM sebagai Pusat Unggulan Lahan Basah Nasional

Rektor ULM, Prof. Sutarto Hadi, sebagai nahkoda ULM yang baru (lagi) bersama wakil rektor yang baru akan menjadi leader untuk mencapai mimpi ULM empat

Menyongsong ULM sebagai Pusat Unggulan Lahan Basah Nasional
BANJARMASINPOST.co.id/hari tri widodo
Peserta Gober 46 meninggalkan lokasi start, kampus ULM Kayutangi, Minggu (6/8/2017) 

OLEH: SUNARDI SSI MSC PHD, Kepala Sistem Mutu Lembaga Penjaminan Mutu ULM

Alhamdulillah proses suksesi di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah selesai sampai dengan terpilih dan dilantiknya empat Wakil Rektor yang baru. Rektor ULM, Prof. Sutarto Hadi, sebagai nahkoda ULM yang baru (lagi) bersama wakil rektor yang baru akan menjadi leader untuk mencapai mimpi ULM empat tahun ke depan.

Tahun 2019 yang sebentar lagi datang adalah tahun penentuan dan tonggak untuk ULM semakin terkemuka dan berdaya saing khususnya dalam bidang lahan basah, sesuai dengan visi dan misinya. Jika mengikuti tonggak capaian (milestone) yang telah dirumuskan oleh ULM, maka tahun 2019-2023 adalah era ketiga untuk ULM, menuju pusat unggulan pengembangan lahan basah nasional.

Mengingat target capaian tahun 2022 yang dikemukakan Rektor ULM saat penyampaian visi misi calon rektor beberapa bulan yang lalu, ada beberapa target besar yang harus dicapai oleh ULM, yaitu ULM terakreditasi A (unggul), ULM masuk ranking 35 untuk level nasional (tahun 2018 ULM menempati peringkat 55), dan ULM menjadi PTN-BH (saat ini ULM masih Satker).

Tiga target besar tersebut akan menjadikan ULM sebagai institusi yang benar-benar mampu terkemuka dan berdaya saing. Untuk mencapai target tersebut, target turunan yang harus dicapai oleh ULM sebagai prasyarat juga cukup banyak, antara lain jumlah doktor dan guru besar meningkat, jumlah publikasi nasional dan internasional bertambah, jumlah program studi yang terakreditasi meningkat (saat ini prodi terakreditasi berjumlah 21, meningkat tajam dari tahun 2014 yang hanya 2 program studi), adanya program studi yang terakreditasi internasional (minimal 5 persen), serta ULM harus menjadi universitas riset (Research University) khususnya dalam bidang lahan basah.

Impelentasi Budaya Mutu
Apa saja yang harus dilakukan ULM untuk merealisasikan mimpi-mimpinya? Mau tidak mau adalah ULM harus berlari dan melompat lebih tinggi dalam empat tahun ke depan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah konsolidasi internal agar pengelolaan lembaga semakin efektif, efisien, transparan dan akuntabel menuju ULM sebagai perguruan tinggi dengan tata kelola yang baik (Good University Governance).

Untuk menjadi universitas kelas dunia (World Class University), budaya mutu harus segera diimplementasikan. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Satuan Pengawas Internal (SPI) akan berperan besar dalam proses tersebut. LPM bertugas mengawal implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan SPI mengawal transparansi dan akuntabilitas lembaga agar selalu mencapai predikat wajar tanpa pengecualian.

Rektor dan wakil rektor sebagai punggawa tertinggi tidak hanya berperan sebagai komandan barisan perang. Jabatan tersebut juga harus menjadi posisi strategis yang harus mampu melumasi setiap bagian mesin organisasi agar bergerak lebih kencang dan sinergis, dan kalau perlu membuang rem-rem yang selama ini kadang menjadi penghambat kemajuan ULM.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak beberapa tahun telah mengamanatkan kepada semua perguruan tinggi untuk menerapkan SPMI melalui UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang dioperasionalkan melalui permenristekdikti No. 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Dalam SPMI, semua aras/level pendidikan tinggi harus memiliki dan menerapkan Standar Pendidikan Tinggi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Standar Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tersebut yang harus melebihi SNPT yang ditetapkan pemerintah.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved