Berita HST

Paman Birin Numpang Becak ke Pasar Agrobisnis Barabai Usai Bagi-bagi Uang ke Pasukan Orange

Gubernur mengatakan, banyak kemajuan dicapai HST, khususnya di bidang pertanian, perikanan, perdagangan serta pariwisatanya kini makin berkembang.

Paman Birin Numpang Becak ke Pasar Agrobisnis Barabai Usai Bagi-bagi Uang ke Pasukan Orange
banjarmasinpost.co.id/hanani
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama Plt Bupati HST, HA Chairansyah, usai peringatan HUT HST ke 59 menumpang becak menuju Pasar Agrobisnis Modern untuk meresmikan pasar tersebut, Kamis (27/12/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kota Barabai yang masih sejuk, dikelilingi pohon mahoni tua di pinggir-pinggir jalan utama Bumi Murakata, membuat Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku terkesan dan betah berlama-lama di Barabai. Hal tersebut dia ungkapkan saat menyampaikan sambutan pada HUT HST ke 59 di lapangan Dwiwarna Barabai, Kamis (27/12/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri 1000 lebih undangan. Gubernur mengatakan, banyak kemajuan dicapai HST, khususnya di bidang pertanian, perikanan, perdagangan serta pariwisatanya yang kini makin berkembang, dan terus bergerak mendukung program-program Permrov Kalsel.

Sebelumnya, Plt Bupati HST HA Chairansyah, membeberkan sejumlah prestasi daerah, di sektor lingkungan hidup, peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan, hingga berkembangnya objek wisata yang dikelola BumDes dan masyarakat.

Baca: Status Terkini Gunung Anak Krakatau, Warga 2 Pulau Diungsikan, Ancaman Tsunami Selat Sunda?

Baca: Pengumuman Hasil Kelulusan CPNS 2018 oleh BKN di sscn.bkn.go.id, Simak Hasil Tes SKB CPNS 2018

Baca: Duka Tsunami Selat Sunda - Ustadz Abdul Somad Cerita Soal 3 Hikmah Musibah Tsunami di Aceh

Chairansyah pun menegaskan, pembangunan di HST adalah pembangunan berwawasan lingkungan, dengan titik berat di sektor Pertanian, yang meliputi tanaman pangan, perkebunan, perikanan,peternakan dan perdagangan serta sektor industri kecil menengah.

Peringatan hari jadi HST tersebut diakhiri dengan pemotongan nasi astakota. Usai potong nasi terssebut, dilanjutkan peresmian pasar angobisnis tradisional modern Barabai, di Pasar Hanyar.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin pun memilih naik becak menuju pasar, hingga Plt Bupati HST HA Chairansyah pun ikut naik kendaraan menggunakan tenaga manusia itu. Di pasar Agrobisnis, Paman Birin meresmikan pasar yang baru difungsikan sejak Nopember 2018 tersebut.

Sebelumnya, Paman Birin diminta menarik undian, hadiah umrah, untuk tiga anggota pasukan Orange (sebutan untuk pertugas kebersihan kota) dari Pemkab HST.

Baca: Pernah Serumah 11 Tahun dan Jadi Mualaf, Andi Soraya Cuek Ketika Ditanya Soal Steve Emmanuel

Baca: Kondisi Sebenarnya Ifan Seventeen Kehilangan Dylan Sahara Diungkap Kembarannya Usai Tsunami Banten

Baca: Link Pengumuman Hasil Akhir CPNS 2018 KemenBUMN, Kemenhub & Kominfo, Bukan di sscn.bkn.go.id

Sedangkan 15 anggota pasukan oranye terdiri perempuan, diberikan uang oleh paman Birin, masing-masing Rp 1 juta setelah sebelumnya bisa menyebutkan lima sila pancasila dengan benar. Bagi-bagi uang oleh gubernur itupun disambut suka cita.

Bahkan, salah satu anggota pasukan kuning, Mardiah, yang sudah lima tahun kerja sebagai penyapu sampah, langsung sujud syukur sambil meneteskan air mata. "Alhamdulillah. Saat ini saya sangat membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga,"katanya sambil menyeka air mata. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved