Berita Banjarmasin

Perempuan Ini Nekat Stop Jadi Guru Honorer, Kepincut Pekerjaan Menjanjikan, Kiennya Bule-bule

Saat perempuan seusianya sibuk mencari pekerjaan atau memilih meniti karier di perkantoran, Adiaz Airtif justru memilih mengurung diri

Perempuan Ini Nekat Stop Jadi Guru Honorer, Kepincut Pekerjaan Menjanjikan, Kiennya Bule-bule
Banjarmasin Post Cetak
Adiaz Airtif 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat perempuan seusianya sibuk mencari pekerjaan atau memilih meniti karier di perkantoran, Adiaz Airtif justru memilih mengurung diri di kamarnya, bahkan berhenti sebagai guru honorer.

Namun dari dalam kamar itu dia bisa menghasilkan uang Rp 3 juta hingga Rp 9 juta per bulan.

Sedikitnya 10 jam sehari Adiaz menghabiskan waktu dalam kamar berukuran 4x2 meter per segi tersebut. Sebagai ilustrator dan komikus, Adiaz Airtif, tidak membutuhkan ruang kerja khusus, apalagi kantor, untuk menuangkan ide kreatifnya. Hanya bermodal laptop dan pen tablet, dia sudah menghasilkan puluhan karyanya dalam sehari.

“Saya melayani klien dari mancanegara, seperti India, Amerika dan Eropa. Kalau ilustrator, sayang menjadi freelancer ilustrator di Upwork, Fiver, dan Fivesquid. Kalau komikus saya melayani webtoon di LINE webtoon challenge, “ kata Diaz panggilan akrabnya, kemarin.

Baca: Firasat 15 Menit Sebelum Tsunami Datang, Jadi Alasan Idan Saudara Kembar Ifan Seventeen Selamat

Sebagai komikus LINE Webtoon, Diaz meraih Rising Star Oktober 2016 lalu. Karyanya juga berkesempatan berkolaborasi mengisi satu slot episode untuk webtoon khusus Ramadan 2017 di halaman utama LINE Webtoon Official.

“Alhamdulillah, waktu itu saya juga mendapatkan hadiah uang Rp 5 juta. Sedangkan untuk pembaca Komik Will Em sendiri, kini sudah mencapai 210.000 orang,” ujarnya.

Baca: CUACA KALSEL: Meski Cuma Hujan Ringan, BMKG Sebut 6 Daerah Berpotenti Kilat Petir & Angin Kencang

Diaz menjelaskan ada perbedaan signifikan yang terkandung pada dua peran ditekuninya, baik sebagai ilustrator maupun komikus Webtoon.

“Terutama dari sisi penghasilan. Kalau komikus, saya hanya merupakan komikus webtoon challenge atau bukan official, sehingga tidak mendapatkan penghasilan tetap. Gimana caranya webtoon yang saya buat ada hasilnya, saya pun menjual sticker-theme LINE messanger Will Em dan merchandisenya ke pembaca yang sudah mencapai 210.000 itu,” ujarnya.

Baca: Hasil Lengkap Liga Inggris Pekan 19 - Dua Gol Eden Hazard Bikin Chelsea Pepet Manchester City

Kalau sebagai ilustrator, lanjut Diaz, keuntungan sangat menjanjikan. Melalui klien-klien asing, ia pun mampu meraup penghasilan Rp 3 juta hingga Rp 9 juta per bulan.

“Penghasilan freelance ilustrator lebih menjanjikan. Saya dapat job dari klien-klien luar negeri di tiga website, yakni Upwork, Fiver dan Fivesquid. Saya dibayar pakai dolar,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved