Berita Kabupaten Banjar

Sepuluh Tahun Vakum Event BMX, Ini Cara FORMI Hindarkan Generasi Muda dari Salah Gaul

Di antaranya langsung menjajal trek melingkar sepanjang sekitar 60 meter yang dihiasi gundukan tanah setingginl hingga 40 sentimeter di tiga titik.

Sepuluh Tahun Vakum Event BMX, Ini Cara FORMI Hindarkan Generasi Muda dari Salah Gaul
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ANTUSIAS - Peserta Lomba BMX antusias menapaki trek, Sabtu (29/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lapangan Sungaikacang di kawasan Sekumpul, Martapura, berubah begitu semarak, Sabtu (29/12/2018). Sejak pukul 07.30 Wita anak-anak hingga orang dewasa berdatangan ke lahan terbuka berselimut rerumputan itu.

Sebagian dari mereka menaiki sepeda khusus jenis bicycle motocross atau yang lebih tren disebut BMX. Di antaranya langsung menjajal trek melingkar sepanjang sekitar 60 meter yang dihiasi gundukan tanah setingginl hingga 40 sentimeter di tiga titik.

"Wah lumayan juga nih treknya," celetuk salah seorang dari mereka setelah neraksi jumping menaklukkan trek tersebut.

Itulah potret antusiasme kalangan pehobi sepeda BMX di Kota Martapura. Sejak pagi hingga sore, mereka adu ketangkasan pada ajang lomba yang digelar Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Banjar.

Baca: Rahasia Untuk Jadi Murid Valentino Rossi di VR46 Academy, Ini Kata Kepercayaan Rossi

Baca: Live RCTI! Live Streaming Liverpool vs Arsenal Liga Inggris Malam ini Bisa Ditonton Pakai Cara ini

Baca: Jadwal Siaran Langsung Langsung Liga Inggris Pekan 20 di RCTI Liverpool vs Arsenal MU vs Bournemouth

Sebanyak 114 peserta yang mengikuti ajang tersebut. Peserta dari luar Banjar yakni dari Banjarbaru, Banjarmasin, Kandangan (Kabupaten Hulu Sungai Selatan), dan dari Rantau (Kabupaten Tapin).

Bahkan ada atlet pesepeda BMX yang ambil bagian yakni Bazegar Nafain. Remaja 17 tahun warga Banjarbaru ini sejak tiga tahun lalu menjalani latohan intensif di tempat pemusatan atlet BMX Kalsel di Yogyakarta.

"Saat ini kebetulan sedang berlibur momen tahun baru di Banjarbaru. Pas ada event ini, sekalian saja saya ikut," ucap Bazegar.

Lantaran punya kemampuan mahir, Bazegar yang berlaga pada kelompok pertama (enam peserta) melaju kencang. Ia lancar menaklukkan rintamlngan dan terdepan mencapai garis finish.

Ketua FORMI Banjar H Jamhari menuturkan lomba BMX perdana pihaknya gelar dan diremcanakan akan dilaksanakan tiap tahun. Pasalnya pesepeda BMX di Banjar lumayan banyak.

Apalagi ajang BMX di Banjar, sebutnya, sudah lama vakum, sekitar sepuluh tahun. Event lomba BMX terakhir di Banjar pada 2008 silam dan setelah itu tak ada lagi.

"Itu sebabnya setelah FORMI Banjar terbentuk, kami gelar tahun ini guna memberi ruang bagi para pehobi BMX menyalurkan hobinya. Terbukti pesertanya saat ini lumayan banyak,. Kami bertekad akan menggelar event ini rutin tiap tahun," ucap Jamhari.

Baca: Link Live Streaming Tottenham vs Wolverhampton Liga Inggris Live MNC TV, Akses Pakai Cara Ini

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Italia Seri A Pekan 20 Mulai Sabtu Malam Ini, Juventus vs Sampdoria

Baca: Live Beinsport 3! Live Streaming Juventus vs Sampdoria Liga Italia Bisa Ditonton Pakai Cara ini

Melalui ajang seperti ini, sebutnya, generasi muda akan tersalurkan bakatnya secara positif sehingga terhindari dari hal-hal yang tak diinginkan. "Supaya tidak terpengaruh obat-obatan terlarang, pergaulan bebas, dan lainnya," tandasnya.

Sekretaris FORMI Banjar Subakit mengatakan para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan trofi. "Hadiahnya memang tak seberapa karena terpenting yakni menyalurkan generasi muda untuk melakukan aktivitas positif," tandasnya.

(banjarmasinpoat.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved