Bumi Sanggam

Kemenag Balangan Jalankan 67 Pelayanan Melalui PTSP

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan telah menjalankan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Kemenag Balangan Jalankan 67 Pelayanan Melalui PTSP
istimewa
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kemenag balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan telah menjalankan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) selama sebulan terakhir, sedikitnya ada 67 pelayanan dalam PTSP ini.

Kepala Kantor Kemenag Balangan H M. Yamani, mengungkapkan, launching PTSP ini telah dilakukan pada 20 Oktober 2018 oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Kalsel.

Menurutnya, inti keberadaan PTSP ini ialah penyelenggaraan pengurusan dokumen, perizinan dan non-perizinan, mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap penerbitan izin.

Disebutkan, perizinan yang dilakukan meliputi izin pembukaan program studi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), penyetaraan ijazah luar negeri, perizinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), pendirian Ma'had Aly pada pondok pesantren, serta pengaduan umum, bahkan PTSP juga memberikan layanan pengajuan surat tugas dan surat izin belajar bagi pegawai Kemenag sendiri.

Keunggulan PTSP, kata Yamani, ialah dilakukan secara terpadu dalam satu tempat sehingga masyarakat pemohon cukup datang ke satu tempat dan bertemu dengan petugas front office saja.

Dengan demikian lanjutnya, dapat meminimalisir interaksi antara pemohon dengan petugas perizinan dan menghindari pungutan-pungutan tidak resmi atau yang umum disebut pungutan liar.

"Keberadaan PTSP ini juga dalam rangka memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, transparan, dan akuntabel. Melalui 67 layanan pada PTSP ini, masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan yang diberikan pemerintah dengan baik," ujarnya.

Pihaknya kata dia, juga akan terus mendorong tumbuhnya budaya kerja berbasis digital melalui e-government karena persoalan teknologi dan kebutuhan masyarakat terus berkembang.

"Tentu ini akan bergulir inovasi-inovasi baru untuk pemenuhan layanan masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved