Berita Kotabaru

Satpolair Gencarkan Penyuluhan Soal Cuaca Ekstrem

Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Kotabaru makin gencar melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada pelaku pelayaran, tidak kecuali nelayan

Satpolair Gencarkan Penyuluhan Soal Cuaca Ekstrem
satpolair untuk BPost
Anggota Satpolair Polres Kotabaru, markas unit Tanjung Pelayar melakukan binmas perairan kepada pelaku pelayaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Kotabaru makin gencar melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada pelaku pelayaran, tidak kecuali nelayan yang melakukan aktivitas di perairan Kotabaru.

Gencarnya bimbingan dan penyuluhan tidak hanya oleh petugas di kantor induk satpolair, namun juga dilakukan di pos polisi yang terdapat markas unit (marnit) Satpolair.

Tingginya intensitas kegiatan bimbingan dan penyuluhan yang sebelumnya menjadi operasi rutin menyusul masih seringnya terjadi pancaroba dan berpotensi terhadap cuaca ekstrem.

Terlebih beberapa waktu lalu adanya surat resmi dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi gelombang tinggi 1,5 sampai 2,5 meter di laut Jawa dan perairan sebelah Selatan Kalimantan.

Dalam surat edaran itu, BMGK mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir selalu waspada.

Baca: Jawaban Jokowi Soal Tantangan Tes Baca Alquran di Pilpres 2019, Bagaimana Prabowo?

Baca: Deddy Corbuzier Tantang Anji Manji Menolak Tawaran Manggung Jika Ini yang Terjadi

Baca: Nia Ramadhani Sekeluarga Liburan di Eropa, Belajar Main Ski di Pegunungan Alpen Hingga Kedinginan

Oleh karena itu, kegiatan bimbingan dan penyuluhan dilakukan personel satpolair Polres Kotabaru.

Tidak kecuali anggota satpolair marnit Tanjung Pelayar, kemarin melaksanakan kegiatan binmas perairan dengan sasaran ABK kapal di perairan pulau Kerasian, agar selalu mengutamakan keselamatan berlayar

"Kegiatan binmas perairan ini rutin dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya musibah kecelakaan kapal yang dikarenakan cuaca buru," kata Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto MH Sik melalui Kasatpolair AKP Christugus Lirens SE.MA.

Menurut Christugus, dalam kesempatan itu petugas tak sekadar memberikan sosialisasi kepada ABK kapal yang sedang berlabuh, tapi memberikan imbauan kepada awak kapal, tidak memaksakan berlayar apalagi pada saat cuaca buruk.

"Lebih baik berlindung dahulu menunggu bagus," pesannya.

Tak cuma itu, Christugus melalui personel yang bertugas menyampaikan agar pelaku pelayaran selalu melengkapi kapalnya dengan alat keselamatan seperti baju pelampung.

"Sehingga saat kapal berlayar ABK akan merasa aman dan selamat sampai tujuan," tandasnya.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved