Pilpres 2019

Adik Gus Dur Buka-bukaan Soal Dukungan NU ke Prabowo Maupun Jokowi di Pilpres 2019

Adik Gus Dur Buka-bukaan Soal Dukungan NU ke Prabowo Maupun Jokowi di Pilpres 2019

Adik Gus Dur Buka-bukaan Soal Dukungan NU ke Prabowo Maupun Jokowi di Pilpres 2019
(KOMPAS.com/JESSI CARINA )
Adik Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, Lily Chodidjah Wahid di Jalan Situbondo, Senin (31/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lily Chodidjah Wahid, Adik Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menyebut perbedaan pandangan politik biasa terjadi di internal keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU), tak terkecuali saat Pilpres 2019.

Hal itu menyikapi adanya tokoh NU termasuk beberapa keluarga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 maupun Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, dia mengatakan gerbong yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 tidak memiliki basis di masyarakat.

"Dari zamannya ayah saya juga sudah ada, satu ikut sini ikut sana, jadi tuh di keluarga kaki itu wajar-wajar saja. Dan yang ikut Bowo (Prabowo) hari ini dari keluarga kami itu tidak mengakar di masyarakat. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Lily di Jalan Situbondo, Senin (31/12/2018).

Baca: Prabowo Subianto Jawab Tuduhan Kudeta & Sama dengan Nelson Mandela saat Wawancara Al Jazeera

Baca: Syahrini Disebut Menikah Tahun Ini, dengan Reino Barack? Aisyahrani Minta Jodoh Incess Dipercepat

Baca: Cara Wudhu Sandiaga Uno saat Kampanye Pilpres 2019 Dikomentari Mahfud MD, Netizen Gaduh

Baca: Mahfud MD Dapat Tawaran Endorse untuk Promo Produk di Medsos, 1 Twit Rp 4 Juta

Dukungan dari tokoh-tokoh NU terbagi ke dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Misalnya, Gus Irfan yang merupakan cucu pendiri NU, KH Hasyim Asyari, sudah menyatakan mendukung Prabowo-Sandiaga.

Ayah Gus Irfan, KH Yusuf Hasyim, dikenal sebagai salah satu tokoh NU sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Selain Gus Irfan, ada KH Hasyim Karim atau Gus Aying, KH Fahmi Amrullah atau Gus Fahmi dan KH A. Baidhowi atau Gus Dhowi. Ketiganya adalah cucu dari KH Hasyim Asyari. Mereka menyatakan mendukung Prabowo-Sandiaga.

Sementara itu, keluarga Gus Dur juga sudah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Yenny Wahid (kiri) bersama kyai dan ulama yang tergabung dalam Konsorsium Kader Gus Dur menyatakan sikapnya dalam Pilpres 2019 di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). Keluarga dan Konsorsium Gus Dur mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang.
Yenny Wahid (kiri) bersama kyai dan ulama yang tergabung dalam Konsorsium Kader Gus Dur menyatakan sikapnya dalam Pilpres 2019 di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). Keluarga dan Konsorsium Gus Dur mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang. (TRIBUNNEWS/Jeprima)

Lily sendiri sudah menyatakan bahwa dirinya mendukung Jokowi-Ma'ruf. Apalagi, dia telah berteman sejak lama dengan Ma'ruf Amin. Lily pun yakin bahwa sejatinya dukungan keluarga NU pada dasarnya sudah terpusat ke satu pilihan.

"Saya yakin, saya yakin karena di NU itu memang akhirnya itu akan menjadi satu gitu ya. Kalau ada yang berbeda itu ya enggak banyak lah," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Adik Gus Dur Sebut Tokoh NU yang Dukung Prabowo Tak Mengakar di Masyarakat"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved