Berita Tanahlaut

Jembatan Timbang Kintap Bakal Dioperasikan Bulan Ini, Pengerjaan Sudah 90 Persen

Satu di antara jembatan timbang yang kemungkinan akan dioperasikan adalah jembatan timbang di Kalsel yaitu jembatan timbang Kintap.

Jembatan Timbang Kintap Bakal Dioperasikan Bulan Ini, Pengerjaan Sudah 90 Persen
HO/BPTD wilayah 15 Kalsel
Jembatan Timbang di Kintap Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANAHLAUT - Januari ini Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan RI bakal mengoperasikan 29 jembatan timbang  di seluruh Indonesia. Satu di antara jembatan timbang yang kemungkinan akan dioperasikan adalah jembatan timbang di Kalsel yaitu jembatan timbang Kintap.

Seperti diketahui Kalsel memiliki dua jembatan timbang yaitu jembatan timbang Lianganggang dan Kintap. Keduanya saat ini sama-sama ditutup atau tidak difungsikan setelah diambil alih oleh Kementerian Perhubungan langsung dari Pemprov Kalsel.

Belum dioperasikannya jembatan timbang lebih banyak karena perbedaan pengelolaan antara Pemda dan Kementerian Perhubungan. Selain itu jembatan timbang juga perlu perbaikan fisik.

Jembatan timbang Kintap misalnya saat ini dalam proses pembangunan. Terpantau jembatan ini sedang dalam pengerjaan dan dalam tahapan akhir.

Baca: Akhirnya! Aura Kasih Pamerkan Foto Pernikahan dengan Eryck Amaral, Lihat Keseruannya

Baca: Perbedaan Maia Estianty-Irwan Mussry dan Mulan Jameela-Ahmad Dhani Saat Rayakan Tahun Baru 2019

Baca: Peristiwa Aneh di Makam Andi Seventeen, Korban Tsunami Banten Dirasakan Erix Soekamti

Kepala Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor jembatan timbang Kintap BPTD wilayah 15 Kalsel, Asroni mengatakan memang saat ini pengerjaan pembangunan jembatan timbang sedang dilakukan namun tahapan pembangunan sudah sekitar 90 persen.

Seharusnya memang tambahnya pengoperasian jembatan timbang akan dilakukan di Januari 2019 ini.

"Seharusnya Januari ini, kita tunggu selesai pengerjaan saja, tapi sudah 90 persen lebih," ujarnya, Selasa (01/01/2018).

Namun sebelum pengoperasian tambahnya kepada Banjarmasinpost.co.id akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat.

Tambah Kepala BPTD wilayah 15 Kalsel, Ardono keputusan jembatan timbang yang akan beroperasi yang menentukan adalah Dirjen Perhubungan Darat. Pertimbangannya tentu lebih luas meliputi pergerakan angkutan barang secara keseluruhan atau antar wilayah bukan hanya yang bergerak di wilayah Kalsel.

Dengan itu pemerintah pusat bisa melihat keefektifan dan efisiensi pengawasan muatan lebih. Angkutan barang ini sebutnya sesuai dengan jaringan jembatan timbang yang ada di seluruh wilayah NKRI.
(Banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved