Pilpres 2019

Reaksi Sandiaga Uno Soal Tes Baca Al Quran untuk Jokowi & Prabowo Jelang Pilpres 2019

Reaksi Sandiaga Uno Soal Tes Baca Al Quran untuk Jokowi & Prabowo Jelang Pilpres 2019

Reaksi Sandiaga Uno Soal Tes Baca Al Quran untuk Jokowi & Prabowo Jelang Pilpres 2019
net
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Cawapres di Pilpres 2019, Sandiaga Uno menilai tes baca Al-Quran untuk Jokowi maupun Prabowo sebagai permainan politik identitas.

Ia kemudian menyarankan lebih baik berdiskusi tentang ekonomi dibandingkan polemik soal keislaman di antara capres-cawapres di Pilpres 2019.

"Ini adalah permainan politik identitas. Lebih baik isu ekonomi saja, luangkan waktu untuk diskusi bagaimana negeri yang kaya raya ini dengan sumber daya manusia melimpah bisa lebih diprioritaskan," kata Sandiaga Uno di media center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Sandiaga Uno menjelaskan, dirinya bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ingin fokus saja pada pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk mengangkat ekonomi rakyat lewat peluang usaha yang terbuka.

Baca: Cara Wudhu Sandiaga Uno saat Kampanye Pilpres 2019 Dikomentari Mahfud MD, Netizen Gaduh

Baca: Mahfud MD Dapat Tawaran Endorse untuk Promo Produk di Medsos, 1 Twit Rp 4 Juta

Baca: Prabowo Subianto Jawab Tuduhan Kudeta & Sama dengan Nelson Mandela saat Wawancara Al Jazeera

Baca: Adik Gus Dur Buka-bukaan Soal Dukungan NU ke Prabowo Maupun Jokowi di Pilpres 2019

"Peluang usaha kemudian mendapatkan pekerjaan, nah itu yang jadi fokus kita. Jadi saya sikapi ini dengan tentunya ya dalam kontestasi politik," ucapnya kemudian.

Sebelumnya, Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan supaya digelar tes baca Al-Quran untuk paslon pilpres 2019. Menurut Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak, tes itu bertujuan untuk mengakhiri polemik keislaman di antara capres-cawapres.

Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas,
Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas, (KOMPAS.com/ABBA GABRILIN)

Namun, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, tes baca Al-Quran untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak menjadi syarat pencalonan pilpres.

Baca: Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina Sudah Akur? Potret Keakraban Istri Raffi Ahmad dan Ayu Jadi Sorotan

Hal itu juga tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan. Ilham menambahkan, suatu organisasi bisa saja menggelar suatu tes untuk pasangan calon. Namun, paslon tidak wajib menghadiri tes tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Sebut Tes Baca Al Quran Permainan Politik Identitas"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved