Ekonomi dan Bisnis

Setoran Pajak Penjualan Emas Antam ada di Nopember 2018, Capai Rp 327 Juta Lebih

Penjualan emas khususnya emas Antam di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan (Kalsel) pada umumnya meningkat di Tahun 2018.

Setoran Pajak Penjualan Emas Antam ada di Nopember 2018, Capai Rp 327 Juta Lebih
banjarmasinpost.co.id/acm
Koleksi emas Antam di Butik Emas LM Cabang Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penjualan emas khususnya emas Antam di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan (Kalsel) pada umumnya meningkat di Tahun 2018.

Hal ini di tunjukkan realisasi penjualan di Butik Emas Logam Mulia (LM) Cabang Banjarmasin meningkat hampir disepanjang Tahun 2018 dibanding Tahun 2017.

Peningkatan penjualan tersebut menurut Kepala Butik Emas LM Cabang Banjarmasin, Thamrin Latief juga otomatis tingkatkan kontribusi pajak daerah yang disetorkannya ke Pemerintah Kota Banjarmasin.

Thamrin menjelaskan, setoran pajak Butik Emas LM Cabang Banjarmasin terbesar di Tahun 2018 yaitu pada Bulan Nopember 2018 sebesar Rp 327,426.000.

Baca: Pria Ini Ngaku Titisan Nabi Muhammad SAW Saat Tabligh Akbar di Malam Tahun Baru 2019, Warga Resah!

Baca: Via Vallen Kenang Momen 2018, Mulai Nonton Piala Dunia Hingga Isi Theme Song Asian Games 2018

Baca: Kelor Banyak Dicari, Konon Selain untuk Pengobatan Bisa Digunakan untuk Hal Gaib

Baca: BMKG Ungkap Kronologi Sebenarnya Tsunami Banten (Tsunami Selat Sunda), Gunung Anak Krakatau?

Besarnya jumlah pajak yang di setorkan tersebut berkorelasi dengan besarnya penjualan di Bulan Nopember 2018 di Butik Emas LM Cabang Banjarmasin yang mencapai lebih dari 120 kilogram emas Antam.

"Kalau di total satu tahun ini rasanya pajak yang kami setorkan mencapai lebih dari setengah miliar," kata Thamrin.

Sesuai aturan yang berlaku, pajak pembelian emas dipatok tarif sebesar 0,45 persen jika pembeli memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan 0,9 persen jika pembeli tidak menyertakan nomor NPWPnya.

Tak hanya itu, sepanjang Tahun 2018 menurut Thamrin pola pembelian emas Antam oleh masyarakat Kalsel juga alami perubahan dengan semakin banyak pembelian dalam pecahan emas Antam 100 gram bahkan 1.000 gram.

Bahkan di penghujung Tahun 2018 lalu, Butik Emas LM Cabang Banjarmasin sempat kehabisan stok emas Antam pecahan 100 gram dan tidak bisa penuhi pesanan masyarakat di Kalsel.

"Akhir tahun kami ada maintenance mesin-mesin di pabrik, jadi sempat terlambat penuhi permintaan pecahan 100 gram. Rencana akan datang 5 kilogram pecahan 100 gram juga sudah lebih dulu dipesan calon pembeli," kata Thamrin. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved