Sosok Letjen Doni Monardo yang Pelantikannya Sebagai Kepala BNPB Ditunda Presiden Jokowi

Sosok Letjen Doni Monardo yang Pelantikannya Sebagai Kepala BNPB Ditunda Presiden Jokowi

Sosok Letjen Doni Monardo yang Pelantikannya Sebagai Kepala BNPB Ditunda Presiden Jokowi
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Letjen TNI Doni Monardo saat masih menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/ Siliwangi dengan pangkat Mayjen 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kabar Presiden Jokowi melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru, menggantikan Willem Rampangilei sempat santer di kalangan awak media.

Namun entah karena apa, pelantikan yang akan dilakukan di Istana Negara hari ini, Rabu pagi 2 Januari 2019 itu mendadak dibatalkan karena alasan Presiden Jokowi harus berangkat meninjau korban bencana tsunami Lampung.

Pembatalan tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Hal yang sama juga disampaikan Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP. 

"Mohon maaf, pelantikan Kepala BNPB tidak jadi besok, ditunda. Barusan Mensesneg memberi tahu penundaan pelantikan Kepala BNPB yang baru," ungkap Johan Budi SP saat dikonfirmasi wartawan, kemarin, Selasa (1/2/2019).

Baca: Kisah Asmara Syahrini dan Reino Barack Disebut Makin Dekat dan Berujung Menikah? Luna Maya Move On

Baca: Alasan Uta Syahputra Jadi Tukang Parkir Terungkap Usai Video Adik Billy Syahputra itu Viral

Baca: Setelah Tanyai Jokowi, Raffi Ahmad Bertemu KH Maruf Amin, Bahas Pilpres 2019?

Baca: Sinyal Hansamu Yama untuk Segera Gabung Persebaya Surabaya, Sebut Andik Vermansyah dan Evan Dimas

Baca: Ezra Walian Enggan Gabung, Ini Daftar Terbaru Pemain Buruan Persib Bandung di Liga 1 2019

Siapakah Doni Monardo?

Pria dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal TNI ini adalah perwira tinggi TNI-AD yang sejak 14 Maret 2018 menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Mengutip Wikipedia, Letnan Jenderal Doni Monardo memiliki pengalaman di Satuan Infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan memiliki pengalaman teritorial sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Karier di Kopassus Doni Monardo jalani mulai tahun 1986 sampai dengan 1998. Doni Monardo adalah pajurit tempur. Terbukti, selama di Kopassus dia pernah diterjunkan di Timor Timur, Aceh dan daerah lain. Selepas dari penugasan di Kopassus, Doni Monardo ditugaskan di Batalyon Raider di Bali.

Posisi ini dia pegang mulai tahun 1999 hingga 2001. Setelahnya, Doni Monardo ditarik di Paspampres sampai dengan tahun 2004 dan kemudian mengikuti pelatihan counter terroris yang dilaksanakan di Korea Selatan.

Letjen TNI Doni Monardo saat masih menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/ Siliwangi dengan pangkat Mayjen
Letjen TNI Doni Monardo saat masih menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/ Siliwangi dengan pangkat Mayjen (Tribunnews.com/Rizal Bomantama)

Doni Monardo kembali ditugaskan ke Aceh tahun 2005 sampai dengan 2006, lalu kembali ditarik ke Jakarta bergabung dengan Paspampres. Tak lama kemudian, Doni Monardo ditugaskan di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan penempatan di Makassar.

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved