Liga Italia

Juventus Makin Sulit Dibendung, Italia Butuh Lionel Messi untuk Hentikan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seringkali disebut sebagai perwujudan dari konsep dua sisi mata uang, yin dan yang

Juventus Makin Sulit Dibendung, Italia Butuh Lionel Messi untuk Hentikan Cristiano Ronaldo
TWITTER.COM/LALIGA EN
Selebrasi Lionel Messi saat mencetak gol ke gawang Levante dalam laga pekan ke-16 Liga Spanyol di Stadion Ciutat de Valencia, Valencia, Minggu (16/12/2018) waktu setempat atau Senin pukul 02.45 dini hari WIB. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bergabungnya Cristiano Ronaldo ke Juventus membuat Liga Italia menjadi kompetisi tak seimbang, Fabio Cannavaro pun berpendapat bahwa diperlukan Lionel Messi sebagai penawarnya.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seringkali disebut sebagai perwujudan dari konsep dua sisi mata uang, yin dan yang, yaitu bertolak belakang tetapi tak terpisahkan.

Keduanya punya karakter berbeda, Ronaldo itu flamboyan sementara Messi lebih kalem. Messi merupakan produk bakat sedangkan Ronaldo adalah hasil kerja keras.

Meski demikian, tidak dipungkiri juga bahwa Ronaldo dan Messi sama-sama menjadi standar kemampuan tertinggi bagi para pesepak bola pada era modern ini.

Baca: Dijodohkan Maia Estianty, Aaliyah Massaid Posting Foto Berdua Dul Jaelani, Taarufnya Digelar Besok

Baca: Daftar Momen Paling Ditunggu di 2019, Mulai Dari Bayi Pangeran Harry-Meghan Hingga Gerhana Matahari

Baca: Hasil Tes CPNS 2018 Kemenag RI: Berkas Sudah di Panselnas, Kok Pengumuman Belum Juga Ada!

Baca: Respons Maia Estianty Tentang Karma yang Sedang Bersama Irwan Mussry Al El Dul, Sindir Ahmad Dhani?

Sehingga ketika keduanya dipisahkan dari wadah yang sama — tidak berlaku untuk turnamen antarnegara tentunya — ketidakseimbangan menjadi efek yang sulit terhindarkan.

Sebelum kedatangan Ronaldo, Liga Italia sebenarnya sudah terlihat berat sebelah saat melihat daftar peraih scudetto yang selalu diisi oleh Juventus dalam tujuh musim terakhir.

Merapatnya CR7 ke Bianconeri pun membuat kesenjangan semakin lebar. Hingga paruh musim, Juve menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan (17 menang, 2 imbang).

Efek Ronaldo pun terlihat karena punya kontribusi gol yang signifikan, yaitu terlibat dalam 50 persen gol yang diciptakan Juventus di Serie A musim ini (14 gol dan 5 assist).


Selebrasi Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Sampdoria dalam lanjutan Serie A musim 2018-2019 giornata ke-19 di Allianz Stadium, Sabtu (29/12/2018).(TWITTER.COM/JUVENTUSFC)

Napoli yang dalam beberapa musim terakhir menjadi pesaing terdekat dalam perburuan gelar juara liga pun kesulitan untuk mengimbangi laju rivalnya itu.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved