Uang Digital yang Perlu Dipahami

Fakta Perkembangan Kripto di Indonesia, dari Populer Banget hingga Aset Investor Merosot Sebesar Ini

Mata uang digital (kripto) walaupun baru sejak Tahun 2016 populer di Indonesia namun sebenarnya sudah lebih lama populer di negara lainnya.

Fakta Perkembangan Kripto di Indonesia, dari Populer Banget hingga Aset Investor Merosot Sebesar Ini
Pixabay
Ilustrasi kripto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mata uang digital (kripto) walaupun baru sejak Tahun 2016 populer di Indonesia namun sebenarnya sudah lebih lama populer di negara lainnya.

Beberapa jenis kripto yang populer di Indonesia diantarany Bitcoin dan Ethereum yang banyak dicari dengan cara menambangnya (mining) di dunia Maya menggunakan perangkat keras komputer.

Pada masa jayanya Bitcoin sempat menyentuh harga USD 19.650 atau lebih dari Rp 200 juta per Bitcoin pada Bulan Desember 2017.

Sedangkan harga Ethereum menyentuh level tertingginya dikisaran diatas USD 1.100 atau hampir mencapai Rp 16 juta per koin Ethereum juga pada Bulan Desember 2017.

Baca: Harga Kripto Jatuh, Afrizal Terancam Rugi Belasan Juta, Terpaksa Dijual Meski Rugi

Baca: Jangan Gembira Dulu! Lulus Seleksi CPNS 2018, Anda Tak Boleh Pindah Selama 10 Tahun, Ini Faktanya

Baca: Kondisi Ifan Seventeen Makin Memprihatinkan Sepeninggal Dylan Sahara Usai Tsunami Banten dan Lampung

Salah seorang yang berkecimpung di dunia mining kripto di Banjarmasin Afrizal merasakan penyusutan aset akibat merosotnya nilai kripto sejak awal Tahun 2018.

Bagaimana tidak, nilai Ethereum pada awal Januari 2019 hanya dihargai Rp 1,8 juta saja sedangkan Bitcoin di harga USD 3.729 atau Rp 55 juta.

Memiliki saldo Ethereum sebanyak 12 koin virtual, nilai aset kripto Afrizal menyusut drastis mencapai lebih dari 75 persen menjadi hanya kurang lebih Rp 22 juta saja di dompet virtualnya.

"Belum sempat dijual soalnya dulu masih yakin bisa naik lagi tapi makin turun terus pasrah aja," kata Afrizal. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved