Ekonomi dan Bisnis

Setelah Libur Akhir Tahun, Pembelian Alat Tulis Sekolah Meningkat

Setelah libur panjang natal dan tahun baru, memasuki Januari para pelajar mulai kembali melakukan aktivitas di sekolahnya masing-masing.

Setelah Libur Akhir Tahun, Pembelian Alat Tulis Sekolah Meningkat
banjarmasinpost.co.id/maulana
Penjualan Buku Gramedia Veteran Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah libur panjang natal dan tahun baru, memasuki Januari para pelajar mulai kembali melakukan aktivitas di sekolahnya masing-masing.

Kembalinya para pelajar ini juga turut pengaruhi peningkatan penjualan alat tulis sekolah (ATS) semisal buku tulis, pensil, pena, atau lainnya.

Seperti halnya yang dirasakan Gramedia Veteran Banjarmasin, dijelaskan Suvervisor Counter Sectionary Gramedia Veteran Banjarmasin, Siti, ada peningkatan penjualan ATS selama libur sekolah.

"Peningkatannya tidak terlalu signifikan, hanya berkisar 10 persen dibandingkan bulan biasanya, tapi bisa meningkat lagi pada weekend nanti," kata Siti.

Peningkatan ini ia nilai dari para pelajar yang berlibur untuk membeli bahan bacaan sekaligus beli perlengkapan sekolah yang sudah rusak atau habis.

Baca: Ramai Ramalan Tentang Tahun 2019 Termasuk dari Anak Indigo, Begini kata Ustadz Abdul Somad

Baca: Reaksi Raffi Ahmad dan Ivan Gunawan Ketika Chand Kelvin Ingin Punya Istri Seperti Ayu Ting Ting

Baca: Berburu Hantu di Sebuah Rumah Sakit Terlantar, Tim Pemburu Hantu Menemukan Hal Mengerikan ini

Baca: Usai Dibunuh, Suami Bawa Jenazah Istrinya Keliling ke Surabaya, Bandung dan Indramayu, Akhirnya?

"Seperti halnya buku, pensil, atau pena karena sebelumnya sudah menipis jadi mereka membeli lagi," ujarnya.

Menurutnya yang lebih banyak peningkatan itu saat momen tahun ajaran baru. "Kalau tahun ajaran baru peningkatannya hingga 100 persen," sebutnya.

Soal harga buku ia menyebutkan dibanderol dari Rp 28 ribu per pak hingga Rp 58 ribu per pak. "Kami juga selalu tawarkan promo-promo menarik pada konsumen, dari diskon mulai 15 persen, hingga yang melakukan transaksi menggunakan Ovo ada casback hingga 60 persen," ucapnya.

Hal yang sama juga dirasakan Toko Buku Gramedia Dutamall Banjarmasin, dijelaskan Sales Superintendentnya,Tyka Ramona, ada peningkatan penjualan ATS meski tidak terlalu signifikan.

"Peningkatannya hanya sekitar 20 persen dibandingkan bulan-bulan biasanya," ungkapnya.

Peningkatan signifikan penjualan ATS ia nilai pada saat momen tahun ajaran baru hingga 100 persen. "Kalau ini kan hanya liburan akhir tahun, jadi peningkatannya tidak terlalu banyak," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved