Uang Digital yang Perlu Dipahami

Ternyata Jadi Penambang Kripto Tidak Murah, Rahdi Sampai Jual Motor

Walaupun mengumpulkan mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum sempat menjanjikan pendapatan tambahan yang mudah, namun bukan berarti modal

Ternyata Jadi Penambang Kripto Tidak Murah, Rahdi Sampai Jual Motor
Pixabay
Belasan kartu grafis digunakan pada mining rig kripto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun mengumpulkan mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum sempat menjanjikan pendapatan tambahan yang mudah, namun bukan berarti modal yang dibutuhkan sedikit.

Seorang penambang (mining) koin kripto asal Kota Banjarbaru, Kalsel, Rahdi mengaku bahkan sempat menjual beberapa barang berharganya termasuk dua unit sepeda motor hanya untuk membuat mesin mining impiannya.

Rahdi menjelaskan, rasio potensi pendapatan kripto dari hasil mining biasanya meningkat seiring dengan banyaknya alat mining berupa kartu grafis komputer yang digunakan.

"Awalnya dari duit tabungan Rp 10 juta dan dulu waktu harga kripto tinggi, jadi nafsu mau dapat lebih banyak dan jual dua motor dapat Rp 17 juta untuk nambah rig miningnya," kata Rahdi.

Baca: Daya Tarik Kripto Sempat Buat Afrizal Investasikan Rp 40 Juta, Begini Ceritanya

Baca: Fakta Perkembangan Kripto di Indonesia, dari Populer Banget hingga Aset Investor Merosot Sebesar Ini

Baca: Harga Kripto Jatuh, Afrizal Terancam Rugi Belasan Juta, Terpaksa Dijual Meski Rugi

Baca: Kondisi Ifan Seventeen Makin Memprihatinkan Sepeninggal Dylan Sahara Usai Tsunami Banten dan Lampung

Namun harga satu kartu grafis komputer yang umum digunakan dalam proses mining tidak dapat dikatakan murah berkisar Rp 3,5 juta hingga Rp 6 jutaan.

Belum lagi pengoperasian alat mining kripto membutuhkan energi listrik yang besar.

Untuk bisa menutup biaya listrik dan mendapatkan keuntungan, Rahdi mengaku di awal Tahun 2017, Ia memiliki mesin mining hingga 9 kartu grafis yang beroperasi 24 jam.

"Kalau lihat harga kripto sekarang mau nangis dan malah sayang motornya sih, jadi pelajaran aja," kata Rahdi. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved