Tajuk

Darah Muda PNS

Pertanyaan besar bagi kita semua, apakah peserta yang lulus seleksi CPNS 2018 itu akan menjadi abdi negara sejati seperti kita inginkan?

Darah Muda PNS
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Suasana tes SKB CPNS 2018 Pemkab Tanahlaut di Pelaihari yang berlangsung selama dua hari. 

DAFTAR nama yang lulus mengikuti seleksi CPNS 2018 sudah diumumkan secara resmi, baik lewat website maupun di papan pengumuman yang ada di depan kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Selamat bagi lulus, dan jangan berkecil hati bagi yang belum lulus.

Pertanyaan besar bagi kita semua, apakah peserta yang lulus seleksi CPNS 2018 itu akan menjadi abdi negara sejati seperti kita inginkan? Wallahu A’lam Bishawab.

Pertanyaan ini bukan berarti meremehkan upaya yang dilakukan oleh pemerintah (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Negara, Badan Kepegawaian Daerah, dan sejumlah lembaga terkait) dalam menjaring para CPNS.

Upaya pemerintah sudah sangat maksimal. Setidaknya terlihat dari tetap dipertahankannya passing grade pada tahan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Berdasar Peraturan Menteri PANRB No 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018, passing grade bagi peserta SKD dari kelompok pelamar dari jalur umum, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan kebangsaan (TKW).

Baca: Mengejutkan, Indra Sjafri Tak Panggil 6 Pilar Utama Timnas U-19 untuk Timnas U-22 Indonesia

Sayangnya, saat tes banyak peserta yang tidak lulus passing grade tersebut. Sebagai solusinya, pemerintah membuat kebijakan, yakni kelulusan berdasar ranking. Kebijakan inilah yang menimbulkan keraguan atas hasil seleksi CPNS 2018 ini.

Kita mengharapkan CPNS yang terjaring sekarang menjadi darah muda yang positif bagi PNS dan menjadi abdi negara sejati yang mendedikasikan waktu, ilmu, dan tenaganya untuk kepentingan negara.

Baca: Cristiano Ronaldo Bikin Kejutan di 2019, Jadi Manusia Pertama Tembus 150 Juta Followers di Instagram

Seiring dengan harapan itu, tentu besar pula harapan kita kepada instansi, SKPD atau dinas yang menerima CPNS 2018 untuk menjaga mereka dari sikap kerja PNS lama. Kebanyakan (tidak semua) PNS rekrutan sebelum era reformasi kinerjanya masih di bawah standar profesional. Takutnya PNS baru tercemar oleh sikap kerja PNS lama.

Ada satu poin yang perlu dilakukan untuk menjaga darah muda PNS baru, yakni pemberi sanksi dan penghargaan kepada PNS baru tanpa pandang bulu. Pemberian sanksi tidak hanya kepada PNS yang melakukan perbuatan melawan hukum, seperti korupsi dan melakukan tindak kriminal, tapi juga kepada PNS yang punya kerja samping saat jam kantor dan kepada PNS yang tidak memahami pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Sedangkan pemberian penghargaan diberikan kepada PNS yang mampu memberikan ide inovatif dan kratif dalam bekerja.

Mudah-mudahan dengan satu poin itu budaya kerja PNS yang menjadi positif. Yang tidak kalah penting adalah kemauan besar para PNS baru dan lama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved