Bumi Antaluddin

Bupati HSS Canangkan Pertanian Padi Organik

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mencanangan pertanian padi organik pada Kelompok Tani Budi Bakti di Desa Gambah Dalam Barat

Bupati HSS Canangkan Pertanian Padi Organik
Foto Kominfo HSS
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mencanangan pertanian padi organik pada Kelompok Tani Budi Bakti di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mencanangan pertanian padi organik pada Kelompok Tani Budi Bakti di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (3/1) diawali dengan pelepasan itik di lahan PATIK (Padi Itik) oleh Bupati HSS dilanjutkan tanam perdana padi organik secara simbolis juga di hadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan pejabat terkait lainnya.

Setelah itu meresmikan alat packing kemasan beras organik.

Bupati HSS tidak hanya menyaksikan proses pengemasan beras sehat yang diproduksi oleh kelompok tani Budi Bakti, tetapi juga mencoba mengemasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (3/1) diawali dengan pelepasan itik di lahan PATIK (Padi Itik) oleh Bupati HSS

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (3/1) diawali dengan pelepasan itik di lahan

PATIK (Padi Itik) oleh Bupati HSS (Foto Kominfo HSS)


Kemasan itu berisi beras organik dalam dua kilogram dengan harga Rp 16.000 rupiah yang diproduksi oleh kelompok tani Budi Bakti.

Pada kesempatan itu diserahkan Polis & Klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) kepada para petani yang gagal panen di Kabupaten HSS dari PT Jasindo, penyerahan Power Thresher secara simbolis kepada asosiasi UPJA Kabupaten HSS dan penyerahan piagam penghargaan kepada penyuluh pertanian yanh berprestasi.

Plt Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor mengatakan pengembangan pertanian organik berada pada kelompok tani Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat dengan luas areal sekitar 49 hektar.

Terdiri dari lahan kering seluas 7,4 hektare yang dimanfaatkan untuk ternak itik dan lahan pertanian palawija sedangkan sisanya menjadi areal untuk tanaman padi.

Bupati HSS tidak hanya menyaksikan proses pengemasan beras sehat yang diproduksi oleh kelompok tani Budi Bakti, tetapi juga mencoba mengemasnya.

Bupati HSS tidak hanya menyaksikan proses pengemasan beras sehat yang diproduksi

oleh kelompok tani Budi Bakti, tetapi juga mencoba mengemasnya. (Foto Kominfo HSS)


Pertanian padi organik mempunyai arti kegiatan usaha tani padi secara menyeluruh dan proses produksi sampai proses pengolahan hasil yang dikelola secara alami dan ramah lingkungan.

Tanpa penggunaan bahan kimia sintetis dan rekayasa genetik sehingga menghasilkan produk yang sehat dan bergizi.

"Untuk sistem PATIK (Padi Itik) yaitu antara padi dan itik saling menguntungkan seperti itik yang akan mendapatkan makanan dilahan pertanian dan padi terhindar dari hama seperti keong mas, wereng dan belalang," katanya.

Keuntungan lain yaitu itik yang dilepas selama kurang lebih dua bulan setengah menjelang padi berbuah nantinya bisa dipanen atau dipasarkan dagingnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan pencanangan kawasan pertanian organik ini untuk lebih memantapkan pertanian organik di Kabupaten HSS.

Ke depan akan disiapkan penggilingan padi khusus tidak bersamaan dengan padi bukan dari proses pertanian organik.

"Semua yang dilakukan ini semakin memperkuat tekad lima tahun kedepan untuk memaksimalkan pertanian berbasis organik, walaupun tidak mudah merubah mainset masyarakat yang biasa menggunakan pupuk dan lain-lain," katanya.

Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat HSS untuk memulai menggunakan beras organik sehat hasil dari pertanian organik (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved