Berita Tanahlaut

Bupati Tanahlaut Sukamta Siapkan 150 Hektare Lahan Pascatambang PT AI Jadi Kandang Ternak

Bupati Tanahlaut, Sukamta mengatakan akan menjadikan 150 hektare lahan pascatambang di Tanahlaut untuk dijadikan lahan peternakan sapi.

Bupati Tanahlaut Sukamta Siapkan 150 Hektare Lahan Pascatambang PT AI Jadi Kandang Ternak
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Ilustrasi - Seorang peternak sapi sedang mengangon atau memberi makan ternaknya diluar kandang di Desa Tebingsiring Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanahlaut, belum lama ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Usai Kementerian Pertanian meminta agar Kalsel meningkatkan sektor pertanian dan peternakan. Melihat adanya imbauan dari Kementan tersebut Kabupaten Tanahlaut pun merencanakan pemungsian lahan bekas tambang untuk dijadikan sebagai lahan untuk peternakan.

Bupati Tanahlaut, Sukamta mengatakan akan menjadikan 150 hektare lahan pascatambang di Tanahlaut untuk dijadikan lahan peternakan sapi.

Terlebih Tanahlaut ditargetkan bisa memenuhi 17 ribu sapi betina wajib bunting. Lahan pasca tambang yang telah direklamasi akan dibangunkan kandang sapi dan akan dipelihara oleh masyarakat.

Lahan pasca tambang sendiri kini sudah disiapkan oleh PT Arutmin. Saat ini tambah Sukamta PT Arutmin sudah menanam tanaman untuk pakan ternak.

"Uji cobanya dengan PT Arutmin ini," ujarnya, Minggu (06/1/2019).

Baca: Pedagang Rest Area Gunung Kayangan Keluhkan Mahalnya Biaya Sewa Lapak, Rp 300 Ribu per Bulan

Baca: Ramai Vanessa Angel, Daftar Tarif Artis Prostitusi Online yang Sempat Beredar, Siapa Paling Laris?

Baca: Tarif Prostitusi Online Vanessa Angel Diungkap Polisi Usai Penggerebekan Artis FTV di Surabaya

Pemanfaatan lahan pasca tambang dijadikan lahan peternakan terangnya agar tak ada lahan terbengkalai setelah ditambang. Dengan itu ujarnya anggapan lahan pasca tambang tak bisa digunakan bisa ditepis.

Peternakan dipilih untuk Pelaihari tambahnya karena ia ingin mengembalikan Tanahlaut menjadi daerah potensial peternakan.

Bahkan tambahnya jika tak ada anggaran dari Pemerintah pusat untuk optimalisasi peternakan di Kalsel dan Tanahlaut pihaknya akan menganggarkan dari APBD Kabupaten Tanahlaut.

"Kita siap misalnya menganggarkan untuk 40 ribu sapi betina kalau berhasil 70 persen keuntungan yang akan kita dapat akan jauh dari modal awal," jelasnya.

Selanjutnya tak hanya 150 hektare lahan pasca tambang yang akan diberdayakan untuk kandang sapi, namun Sukamta berharap agar lahan pasca tambang dari perusahaan lain nantinya juga bisa digunakan untuk pengoptimalan peternakan di Tanahlaut.(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved