KalselPedia

KalselPedia - Kantor Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Berdiri di Sini

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah satu di antara Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

KalselPedia - Kantor Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Berdiri di Sini
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Suasana Kantor Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Jalan Pangeran Antasari No 1, Kelurahan Kandangan Kota, Kecamatan Kandangan. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah satu di antara Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Terkenal dengan sebutan Bumi Antaluddin dan ibukota sekaligus pusat pemerintahannya ada di Kota Kandangan.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki luas sekitar 1.703 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 212.485 jiwa sesuai sensus penduduk tahun 2010.

Sementara itu Kantor Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) beralamatkan di Jalan Pangeran Antasari No 1, Kelurahan Kandangan Kota, Kecamatan Kandangan.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan ibu kota Kandangan ini untuk periode 2018-2023 dipimpin oleh Bupati H Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad.

Baca: KalselPedia - Sejak1965 RSUD Idaman Banjarbaru Berdiri, Kini Begitu Modern di Jalan Trikora

Baca: KalselPedia - Grand Surya Hotel Berbintang di Kotabaru, Berlantai Tiga dekat Masjid Agung

Baca: KalselPedia - Kantor Bupati Tapin, Tempat Mewujudkan Visi dan Misi Menuju Tapin Mandiri

Visi Pemerintah Kabupaten HSS periode 2018-2023 menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Selanjutnya, visi itu dikabarkan ke dalam lima misi Pemkab HSS periode 2018-2023. Misi pertama mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya.

Kedua, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumber daya alam dan kearifan lokal.

Ketiga, meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan sosial yang menunjang sektor perekonomian.

Keempat, mengoptimalkan sumberdaya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Kelima, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan yang agamis.

Kabupaten HSS sendiri memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tapin dan Kabupaten Banjar. Untuk bagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tapin.

Sementara untuk bagian Timur, Bumi Antaluddin berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Kotabaru.

Kabupaten HSS terkenal dengan kuliner khas yakni ketupat Kandangan dan Dodol Kandangan. Hampir di sepanjang jalan saat memasuki kota Kandangan, makanan kuliner ini ada dijual di pinggir jalan oleh warga Kandangan (banjarmasinpost.co.id/Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved